Resep Bolu Caramel, Tanpa Telur dan SP

Bikin Bolu Caramel tanpa telur dan tanpa SP, tetap bisa mengembang, bisakah? Buktinya yang dibuat “Dapur Bersama dan Sobat Dapur”, berhasil sesuai yang diharapkan.

Bisa mengembang dan kenyal, serta berbentuk sarang semut. Artinya, dengan tidak memakai dua bahan tersebut, membuat Bolu Caramel lebih ekonomis.

Kue apapun yang dibikin, kecuali kue tradisional, selalu memakai telur dan itulah yang membuat adonannya bisa mengembang, ditambah campuran lainnya. Tetapi dengan resep Dapur Bersama dan Sobat Dapur, tanpa dua bahan tersebut, ternyata bisa mengembang.

- Iklan -

Bahan Bolu Caramel:

-200 gram gula pasir

Baca Juga:  Resep Ayam Menjerit, Mirip Ayam Suir-suir

-350 ml air panas

-200 gram tepung terigu

- Iklan -

-30 gram susu bubuk

-1/2 sendok teh baking powder

-1/2 sendok teh soda kue

- Iklan -

40 gram margarine cair

Cara Membuat Bolu Caramel:

  1. Panaskan wajan atau teflon untuk membuat caramel. Setelah panas, tuangkan 200 gram gula pasir. Masak dengan api sedang, sambil diaduk terus hingga gula mencair berbentuk caramel.
  2. Setelah menjadi caramel, tuangkan 350 ml air dan sambil diaduk terus sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan sisihkan, biarkan agak hangat.
  3. Siapkan wadah, tuangkan tepung terigu dan semua bahan kering, soda kue, susu bubuk, baking powder. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan margarine cair.
  4. Setelah itu, tuangkan air gula merah, lalu aduk hingga tercampur rata. Upayakan jangan ada adonan yang bergerindil.
  5. Selanjutnya, panaskan kukusan hingga mendidih dan mengeluarkan banyak uap, kemudian masukkan cetakan yang sudah diolesi dengan margarine, lalu tuang adonan.
  6. Kukus adonan hingga 40-45 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan bolu caramel dari cetakan, lalu iris-iris sesuai selera.
  7. Bolu karamel siap disajikan. Selamat menikmati. (Ana)
Baca Juga:  Resep Ayam Woku Kemangi, Bikin Ketagihan
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU