- Advertisement -

Mahasiswa Kedokteran Unhas Juara 2 ‘Literature Review’ pada Kompetisi Ilmiah Nasional EXIT MRC 2022

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin berhasil meraih Juara 2 pada Kompetisi Ilmiah Nasional EXIT (Expo dan Seminar Ilmiah Tahunan) MRC (Medical Student Research Centre) 2022 untuk cabang lomba Literature Review yang digelar oleh Universitas Andalas.

Kompetisi ilmiah nasional EXIT MRC 2022 mengusung tema ‘Health Innovation In Controlling Infectious Disease during The Pandemic’ dengan periode lomba yang berlangsung mulai 6 Desember 2021 sampai dengan 6 Maret 2022.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lomba Literature Review diikuti oleh puluhan tim dari berbagai Universitas se-Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Unhas mengirimkan satu tim yang beranggotakan 3 orang mahasiswa kedokteran, yakni:

  1. Rif’at Hanifah
  2. Muhammad Azka Al atsari
  3. Asilah Nurul Qalbi

Rif’at Hanifah selaku ketua tim mengungkapkan, bahwa salah satu tantangan yang dihadapi selama persiapan adalah komunikasi antar anggota tim saat penyusunan karya dan penyusunan bahan presentasi.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Situasi pandemi Covid-19 cukup membatasi komunikasi secara luring sehingga koordinasi dilakukan secara daring.

BACA JUGA:  Mahasiswa Posko 17 FKM Unhas Adakan Seminar Awal PBL II di Desa Tabo-Tabo

“Kesibukan kami sebagai mahasiswa kedokteran dengan padatnya jadwal kuliah juga menjadi tantangan.

Tetapi kami tetap berupaya untuk memaksimalkan berbagai persiapan yang dilakukan,” kata Rif’at.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lebih lanjut, Rif’at berharap ke-depannya dapat terus berkarya lagi dan memberikan kontribusi terbaik bagi universitas maupun masyarakat luas dalam mengkaji berbagai literatur dan penelitian hingga akhirnya bisa mendorong penerapan kebijakan yang lebih baik lagi dalam dunia kesehatan terutama dalam infeksi tropis di Indonesia.

Selaku dosen pembimbing, dr Yenni Yusuf, M Infect Dis, Ph D., menyampaikan bahwa pihak fakultas serta prodi selalu siap memberikan dukungan serta pendampingan kepada mahasiswa yang berkompetisi.

Bidang Kemahasiswaan fakultas akan memberikan penghargaan atau reward sebagai bentuk apresiasi atas segala usaha dan semangat mahasiswa dalam menoreh-kan prestasi.

“Untuk kompetisi ini kami secara intens mengarahkan mahasiswa dalam penulisan artikel dengan membimbing tentang cara pemaparan data yang lebih baik, serta mengoreksi artikel mereka, dan juga memberikan arahan dalam penyempurnaan bahan materi yang akan dipresentasikan dalam lomba,” jelas dr Yenni.

BACA JUGA:  Posko 15 PBL II FKM Unhas Beri Edukasi Parenting Sekaligus Pemasangan Papan Wicara Cegah  Stunting di Desa Bulu Cindea

Lebih lanjut, dr. Yenni menyampaikan harapannya agar semakin banyak mahasiswa yang aktif mengikuti berbagai lomba baik tingkat lokal maupun nasional hingga international.

Melalui semangat kompetisi tersebut, mahasiswa akan semakin mengasah kemampuannya dalam berkarya dengan lebih baik untuk membanggakan nama baik Unhas.

Kompetisi ilmiah nasional EXIT MRC 2022 oleh Universitas Andalas merupakan program kerja tahunan dari organisasi penelitian Medical Research Club Universitas Andalas yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa kedokteran untuk mengkaji lebih mendalam terkait masalah-masalah ilmiah di bidang kedokteran.

Selain literature review, terdapat beberapa cabang lomba lainnya, yaitu Video Edukasi, Esai Ilmiah, dan Poster Publik. (*)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: