Resep Cireng Krispi, Enak dan Garing

Cireng ada yang krispi dan ada yang tidak krispi. Suka yang mana? Krispi atau yang tidak krispi?

Anak muda pasti sukanya yang krispi. Karena garing. Anak muda sukanya yang garing-garing. Orang yang lanjut usia, pasti sukanya yang tidak krispi. Karena kenyal-kenyal. Ini yang memang cocok dengan lanjut usia. Karena gigi yang tidak kuat lagi mengunyah yang keras-keras.

Lalu bagaimana perbedaan pembuatan Cireng yang krispi dengan yang tidak krispi? Simak resep Zefy Arlinda berikut ini.

- Iklan -

Bahan Cireng Krispi:

-250 ml air

-penyedap rasa secukupnya

-garam secukupnya

- Iklan -

-lada bubuk secukupnya

-bawang putih giling secukupnya

Baca Juga:  Resep Semur Daging Kentang, Persiapan Lebaran Idul Adha

-irisan daun bawang sampai batang-batangnya, secukupnya. Namun irisnya tipis-tipis

- Iklan -

Semua bahan tersebut di atas, campurkan menjadi satu. Aduk hingga tercampur rata. Lalu tambahkan 6 sendok makan tepung tapioka. Bila menginginkan lebih encer lagi, kurangi tepung tapioka menjadi 5 sendok makan atau 4 sendok makan. Lalu aduk hingga tercampur rata.

Langkah selanjutnya, masak adonan tersebut sambil duduk sambil mengaduk adonan, hingga mengental. Sebab bila tidak diaduk terus, bawahnya bisa gosong.

Pembuatan Cireng hampir sama dengan pempek Palembang. Bedanya, pempek Palembang memakai ikan tenggiri dan kuahnya, kuah cuko.

Setelah adonan tadi matang, tuangkan tepung tapioka 250 ml, namun yang digunakan menguleni tidak sebanyak itu, tidak semuanya terpakai. Hanya sekitar 200 gram yang digunakan untuk menguleni. Sisanya untuk baluran.

Baca Juga:  Resep Sambel Terasi Telur Puyuh, Nikmat dan Bergizi

Di baluran itulah yang membuatnya krispi. Lalu bulat-bulatkan, kemudian balurkan tepung tapioka sisanya. Kemudian goreng di minyak yang panas. Untuk menjadikannya krispi, setelah setengah matang angkat kemudian goreng lagi. Jangan sampai kecoklatan, baru diangkat.

Untuk yang tidak krispi, tidak perlu digoreng dua kali. Langsung saja digoreng hingqa kecoklatan lalu diangkat. Demikian pula tidak perlu memakai baluran tapioka lagi.

Cireng siap disajikan. Dimakan dengan sambel rujak atau sambel saos. Selamat menikmati. (ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU