Resep Kacang Bawang, Renyah dan Gurih

Ternyata membikin kacang bawang, ada tipsnya agar renyah, empuk, gurih dan anti gagal. Dan terasa gurihnya, karena bumbunya meresap. Bila bikin sendiri, untungnya bisa dua kali lipat.

Banyak kaum ibu hanya membikinnya langsung saja. Setelah kacangnya di kupas, langsung digoreng. Hasilnya, kacangnya tidak renyah. Bahkan keras, dan tidak bisa dimakan oleh orang tua. Dan tidak terasa gurih.

Ada yang membikinnya dengan cara menyiram air panas, untuk lebih gampang mengupas kulit kacangnya. Dengan cara ini, memang kulit kacang langsung terkelupas. Kemudian kacangnya digoreng. Yang cara ini pun kacangnya keras dan tidak terasa gurihnya.

- Iklan -

Mau yang renyah, empuk, gurih dan anti gagal? Ikuti resep Nhm Kitchen berikut ini.

Bahan Kacang Bawang:

-1 kg kacang kupas
-100 ml air
-1 bungkus santan instan, atau 65 ml
-1 sendok makan garam
-1 sendok teh penyedap rasa
-7 lembar daun jeruk
-7 siung bawang putih, diulek atau diparut.
-8 siung bawang putih, untuk campuran kacang, diris-iris.

Baca Juga:  Resep Cake Potong Pandan, Teksturnya Cantik dan Enak

Cara Membuat Kacang Bawang:

  1. Siapkan kacang kupas. Lalu cuci terlebih dulu kemudian tiriskan. Setelah itu, masukkan ke dalam mangkok atau fan, sisihkan.
  2. Siapkan fan, tuangkan air, santan instan, tambahkan garam, penyedap rasa, daun jeruk yang dirobek-robek biar lebih wangi dan bawang putih yang sudah diiulek atau diparut, dengan menggunakan parutan keju, bisa juga digeprek.
  3. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, bisa sekalian dicek rasanya. Bila belum pas, bisa ditambahkan apa yang kurang. Lalu pindahkan ke atas kompor masak dengan api sedang, sambil diaduk terus, agar santannya tidak pecah. Apinya jangan terlalu besar, agar bumbunya bisa meresap. Masak sampai mendidih. Namun setelah mendidih jangan langsung diangkat, aduk dulu, agar santannya tidak pecah, lalu matikan kompor.
  4. Saat diangkat, langsung tuang ke wadah yang sudah terisi kacang. Tuangkan semua santannya, lalu aduk-aduk agar semua kacangnya terendam. Kemudian tutup, lalu diamkan selama 1 jam. Setelah satu jam, kacangnya sudah kelihatan membesar dan airnya pun menyusut, karena menyerap ke dalam kacang.
  5. Saring kacang dan tiriskan.
  6. Sambil menunggu kacang tiris, siapkan 8 siung bawang putih yang sudah diiris-iris. Lalu rendam sebentar saja di air garam, kemudian tiriskan.
  7. Selanjutnya goreng bawang putih yang ditiriskan tadi, ke dalam minyak panas, dengan menggunakan api sedang, sambil diaduk terus. Bila warnanya sudah berubah, angkat dan tiriskan dulu. Lanjutkan dengan menggoreng kacang yang sudah ditiriskan tadi. Gorengnya dengan menggunakan api kecil. Inilah tipsnya yang membuat kacang renyah, empuk, gurih, dan berhasil. Sambil diaduk terus. Kalau sudah berwarna kecoklatan, angkat. Kemudian, lanjutkan menggoreng kacangnya hingga selesai.
  8. Setelah diangkat, campurkan bawang putih yang sudah digoreng tadi. Biarkan dingin dulu, baru kemudian masukkan ke wadah yang tertutup rapat agar kacangnya tidak melempem.
Baca Juga:  Resep Nasi Bakar Ayam Suwir, Nikmat dan Gurih

Selamat mencoba. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU