SD Negeri Borong Menggelar MaCCa 2022

SD Negeri Borong kembali mengadakan Makassar Children’s Culture Festival (MaCCa) untuk kedua kalinya, di tahun 2022 ini.

Acara yang memadukan bazar dan pentas seni ini merupakan persembahan akhir tahun ajaran 2021/2022. Penyelenggaraan MaCCa ini diadakan di lapangan sekolah pada Kamis, 16 Juni 2022.

Acara dibuka oleh pengawas SD Kecamatan Manggala, Dra Hj Singara, M.Pd, yang mengapresiasi kerja sama antara pihak sekolah dan orangtua siawa.

- Iklan -

Dia juga memuji gelar karya yang menampilkan profil pelajar Pancasila yang menggambarkan bakat dan keberagamaan siswa.

Selesai dibuka, acara langsung diisi dengan pentas seni, mulai dari penampilan gandrang bulo, nasyid, dan lagu Mars Profil Pancasila, yang dibawakan oleh beberapa kelas.

Tampil pula Andi Muhammad Faiz bercerita tentang pengalamannya bersekolah selama pandemi Covid-19 dalam bahasa Inggris.

- Iklan -

Ada pula tari-tarian, pembacaan puisi Pancasila Sakti dan Guruku, serta lagu Guruku Tersayang sebagai persembahan untuk guru.

Penampilan lainnya, berupa penampilan penyanyi solo oleh Fatimah Azzahra yang membawakan lagu Alosi Ripolo Dua dan Andi Aisyah Ramadhani yang menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku. Setiap kelas menampilkan kreasinya, baik secara kelompok maupun solo.

Baca Juga:  Iqbal Nadjamuddin Ajak Jajaran Disdik Sulsel Tanam Pohon di Hari Bumi Sedunia

Begitu selesai satu penampilan, disambut keheboaan, bukan saja oleh anak-anak tapi juga orangtua siswa.

- Iklan -

Mereka tak mau ketinggalan mendokumentasikan momen ini melalui smartphone-nya masing-masing. Rupanya penampilan anak-anak ini dilatih sendiri oleh orang tua juga gurunya.

Sebagai Sekolah Penggerak, sekolah dasar yang berada di Kecamatan Manggala itu, juga menggunakan MaCCa untuk mengadakan Gelar Karya Project Profil Pancasila bertema “Gaya Hidup Berkelanjutan, Cerdik Mengelola Sampah”.

Karya-karya daur ulang dari murid-murid kelas 1 dan kelas 4 ditampilkan. Mereka dibimbing oleh Nuraeni, S.Pd, wali kelas 1A, Andi Sumiati, S.Pd, wali kelas 4B dan Sahrina, S.Pd, wali kelas 4A.

“Karya kerajinan daur ulang itu dibuat dengan melibatkan orang tua siswa dan murid,” terang Andi Sumiati.

Baca Juga:  𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗜𝘀𝗹𝗮𝗺 𝗔𝘁𝗵𝗶𝗿𝗮𝗵 𝗥𝗮𝘆𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗣𝘂𝗻𝗰𝗮𝗸 𝗠𝗶𝗹𝗮𝗱 𝟰𝟬 𝗧𝗮𝗵𝘂𝗻

Ketua Panitia, Rosmiaty, S.Pdi, mengakui dukungan orang tua siswa, dalam hal ini, Bunda Pustaka, dan pemangku kepentingan lain, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

Disampaikan bahwa acara ini juga menampilkan karya daur ulang karena sekolah ini tengah menuju Adiwiyata Mandiri.

Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada orangtua yang sudah berpartisipasi dalam event MaCCa ini.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang menampilkan pameran hasil karya, dan pentas seni budaya.

Hasil karya itu bukan saja dalam bentuk daur ulang tapi juga berupa pembacaan puisi, menyanyi, menari dan permainan tradisional,” papar Hendriati Sabir.

Kegiatan ini, lanjutnya, menampilkan pula bazar yang menunjukkan enterpreneurship sekolah.

Hasilnya, bisa untuk membantu kegiatan anak-anak, misalnya outing class dan lain-lain. Dia berharap, MaCCa ini jadi agenda tahunan karena merupakan salah satu program inovasi sekolah. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU