Jumat, Februari 26, 2021

Sebelum Jadi Mahasiswa, Kamu Wajib Punya 5 Skill Ini

Tidakterasa sebentar lagi kamu para mahasiswa baru akan memasuki dunia perkuliahan. Meskipun terlihat menarik, namun untuk menjadi seorang mahasiswa tidaklah mudah.

FAJARPENDIDIIKAN.co.id-Sebagai mahasiswa baru, kamu perlu beradaptasi dengan peralihan dari sekolah menengah ke perkuliahan. Meskipun sama-sama menuntut ilmu namun keduanya tentu berbeda. Ketika berada di kampus, kamu akan dituntut untuk mandiri, bertanggung jawab, dan serba bisa. 

Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki skill penting untuk mendukung perkuliahan. Oleh karena itu, sebelum jadi mahasiswa, penting buat kamu memiliki beberapa skill berikut agar kamu bisa menjalani perkuliahan dengan lancar.

1. Bertanggung jawab

Kalau dulu di sekolah menengah kamu wajib hadir di kelas, namun saat menjadi mahasiswa nanti, kamu punya keuntungan bisa memilih untuk hadir ke kelas atau tidak. Hal tersebut tak jarang dimanfaatkan para mahasiswa untuk melewatkan kelas yang dianggap tidak perlu.

Padahal kehadiran di kelas sebenarnya sangatlah penting untuk masa depan kamu. Membiasakan diri menghadiri kelas secara teratur dan mempelajari apa yang disampaikan saat perkuliahan akan membuatmu menjadi lebih disiplin waktu dan bertanggung jawab.

2. Kemampuan berkomunikasi

Komunikasi merupakan salah satu soft skill yang akan kamu butuhkan saat menjadi mahasiswa. Ketika perkuliahan berlangsung, kamu akan dituntut untuk aktif menyampaikan pendapat, kritik, maupun saran. Selain itu, kamu juga akan banyak melakukan presentasi di depan kelas. Nah, jika kamu nggak punya skill komunikasi, kamu akan kesulitan berkata-kata lho, alhasil audience yang mendengarkan presentasimu jadi nggak paham. Maka dari itu, mulai sekarang yuk latih skill komunikasimu dengan mengikuti organisasi kampus.

3. Manajemen waktu

Saat di perkuliahan nanti, kamu akan dituntut lebih pandai membagi waktu antara tugas yang banyak dan padatnya jadwal kuliah. Namun, kondisi tersebut akan melatih kamu untuk memiliki kemampuan manajemen waktu, lho. Manajemen waktu sangatlah penting bagi kamu para calon mahasiswa agar bisa tercipta hidup yang seimbang antara tugas, kuliah, berorganisasi, dan istirahat.

4. Berpikir kreatif dan inovatif

Ketika perkuliahan nanti, biasanya kamu akan dituntut untuk membuat inovasi produk dalam karya ilmiah berupa PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu akademik yang kreatif, inovatif, solutif, dan mandiri. Maka dari itu, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif sangat penting kamu miliki sebelum jadi mahasiswa.

5. Berpikir kritis dalam memecahkan masalah

Kemampuan paling penting yang harus kamu miliki dan kuasai saat akan menjadi mahasiswa adalah kemampuan memecahkan masalah. Di perkuliahan nanti, kamu akan menghadapi berbagai masalah kuliah yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Maka dari itu, kamu harus berpikir kritis dan melakukan evaluasi secara sistematis sehingga permasalahanmu dapat terselesaikan. (*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Usai Dilantik, Bupati Barru Suardi Saleh – Aska Mappe, Ini Pesannya

Barru, FAJAR PENDIDIKAN.co.id - Pasangan bupati dan wakil bupati terpilih di Pilkada Barru 2020, Suardi Saleh-Aska Mappe resmi dilantik, Pelantikan ini berlangsung...

Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah, Kemudian mengambil sumpah Jabatan Kepala Daerah yang berlansung di Rumah...

Kakan Kemenag Bone ke Pejabat Baru: Lahirkan Inovasi Ukir Prestasi

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kantor (Kakan) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum meminta pejabat yang menjabat jabatan...

Ketua DPW Kemenag Bone: Bantuan Sekecil Apapun Akan Manfaat

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua DWP Kemenag Bone Hj. Asmawaty, S. Kep., Ns M.Kes. bersama pengurus inti mendatangi kantor Baznas di lantai dasar Masjid...

Besok, Pelantikan Bupati dan Wabup Barru Diadakan Secara Virtual

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Jumat Besok, merupakan hari pertama bagi lembaran baru kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Barru Periode 2021-2024. Untuk pertama kalinya, pelantikan...

REKOMENDASI