Seberapa Kuat Timnas Nepal? Cek Peluang Indonesia Memenangkan Laga

FAJAR Pendidikan

Timnas Indonesia akan menghadapi laga terakhir di Kualifikasi Piala Asia 2023. Pertandingan melawan Nepal akan digelar di Stadion Jaber Al-Ahmed International, Rabu 15 Juni 2022 pukul 02.15 WIB. Seberapa Kuat Timnas Nepal

Ini menjadi laga hidup dan mati untuk Timnas Indonesia. Sebab, skuad Garuda kini berada di posisi kedua pada klasemen Grup A dengan koleksi tiga poin. Kekalahan 0-1 dari Yordania di matchday kedua Grup A memperkecil peluang Timnas Indonesia untuk lolos.

Harapan terbesar pasukan Shin Tae-yong untuk bermain di Piala Asia 2023 kini hanya mengincar posisi lima runner-up terbaik dari enam grup kualifikasi tersebut. Untuk bisa menjadi runner-up Grup A, Timnas Indonesia harus menang atas Nepal dan di laga lainnya Kuwait tak boleh menang kontra Yordania.

Tak hanya sampai situ, di grup lain, Timnas Indonesia juga harus berharap Malaysia di Grup E serta Filipina dari Grup B tak memetik kemenangan pada laga pamungkas mereka. Meski jalannya berliku, hal terpenting adalah Timnas Indonesia meraih kemenangan.

Timnas Indonesia pun diyakini bisa meraih kemenangan atas Nepal. Sejumlah faktor jadi penyebabnya. Apa saja? Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal hancurkan Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Lebih Unggul dari Nepal

Alasan pertama adalah Timnas Indonesia lebih unggul dari Timnas Nepal. Keunggulan ini bisa dilihat secara peringkat dan head-to-head Timnas Indonesia atas Nepal

Secara peringkat dunia FIFA, Timnas Indonesia kini menempati posisi ke-159. Sementara Nepal, mereka berada di urutan ke-168.

BACA JUGA :   Jadwal Piala Presiden Hari Ini, Senin 27 Juni 2022 : PSS Sleman Vs Dewa United

Secara head-to-head, Timnas Indonesia pun unggul dari Nepal. Sejauh ini, kedua tim baru bersua sekali, tepatnya pada 25 Juni 2014. Hasilnya, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Nepal dalam Tren Negatif

Alasan lainnya, Nepal tak dalam kondisi yang baik dalam menghadapi Timnas Indonesia. Sebab, mereka mengukir perjalanan buruk sejauh ini di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari dua laga yang sudah dijalani, Nepal selalu menelan kekalahan. Pertama, Nepal keok dari Yordania dengan skor 0-2. Kemudian, Nepal babak belur dihajar Timnas Kuwait dengan skor 1-4. Gol semata wayang Nepal dalam laga itu dicetak oleh Darshan Gurung (90+4’).

Kini, Nepal pun sedang terpuruk di dasar klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka belum meraih satu pun poin.

Shin Tae-yong Turunkan Pemain Terbaik

Alasan ketiga, Timnas Indonesia dipastikan bakal diperkuat pemain terbaik dalam menghadapi Nepal. Hal ini disampaikan langsung oleh sang pelatih, Shin Tae-yong, usai kalah dari Yordania di matchday kedua.

Shin Tae-yong mengatakan hanya pemain yang memiliki tekad untuk memenangkan laga, yang akan diturunkan melawan Nepal. Hal ini diperlukan karena Timnas Indonesia wajib menang jika ingin menjaga asa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

“Kami akan melihat seberapa siap para pemain di laga pamungkas nanti, dan siapa yang memiliki tekad untuk memenangkan laga nanti,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers.

BACA JUGA :   Turnamen Bungoro Cup Diikuti Tim, Diawali Pertandingan Eksibisi Legenda PSM

Ambisi Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia pun bisa meraih kemenangan atas Nepal karena ambisi besar meloloskan diri ke putaran final Piala Asia 2023. Bahkan, Shin Tae-yong sendiri optimis bahwa Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023.

“Kami masih memiliki satu laga lagi. Jika kami mendapatkan tiga poin di laga terakhir, saya yakin kami akan mendapatkan hasil terbaik (lolos Piala Asia 2023). Secara keseluruhan, saya puas dengan laga melawan Yordania,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pascalaga.

Timnas Indonesia Tampil Ciamik Sejauh Ini

Alasan terakhir paling penting, yakni penampilan Timnas Indonesia yang ciamik sejauh gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023. Kinerja apik Marc Klok dkk dimulai dengan melibas Kuwait di laga perdana Grup A. Kemenangan Timnas Indonesia dengan skor 2-1 dalam laga tersebut menjadi kejutan besar karena Kuwait lebih diunggulkan.

Kemudian, Timnas Indonesia kalah dari Yordania di laga kedua dengan skor 0-1. Meski kalah, Timnas Indonesia dinilai sudah bekerja sangat baik. Yordania pun hanya bisa meraih kemenangan tipis.

Kinerja apik Timnas Indonesia ini pun disanjung oleh Shin Tae-yong. Dengan kondisi para pemain yang sedang on fire, laga melawan Nepal diyakini bisa dimenangkan oleh Timnas Indonesia. Seberapa Kuat Timnas Nepal

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI