Seoulite Merch, Inovasi Toko Online Mahasiswa Unhas Khusus K-Pop

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Saat ini sebagian besar lapisan masyarakat Indonesia tidak asing mendengar istilah K-pop. Demam Korea atau yang dikenal sebagai Hallyu di Indonesia telah menjangkiti kalangan anak muda. Tidak sedikit diantara mereka juga menyukai budaya Korea Selatan tersebut.

Melihat perkembangan budaya K-Pop yang semakin pesat, mahasiswa Unhas berinisiatif menghadirkan layanan toko online yang khusus menyediakan berbagai produk Korea Selatan.

Toko onlien dengan nama “Seoulite Merch” ini berhasil mendapatkan pendanaan dari Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) tahun 2020.

- Iklan -
Anggota Tim: Muh. Arwinsyah (Fakultas Pertanian, 2017)

Munawara selaku Ketua Tim menjelaskan awal mula munculnya ide ini. Ia dan timnya melihat banyak teman-teman di kampus yang berminat memiliki merchandise K-Pop. Namun, kesulitan untuk menemukan toko online di wilayah Makassar yang secara khusus memasarkan produk tersebut.

Baca Juga:  Abd Mujib Motivasi Dosen IAIN Bone Capai Gelar Guru Besar

“Awalnya saya dan teman-teman suka belanja di olshop merchandise K-Pop. Namun, kami tidak mendapatkan toko online berlokasi di Makassar. Akibatnya, kami harus membayar ongkos kirim yang lumayan tinggi, bahkan melebihi harga barang yang diinginkan. Maka, kami berinisiatif membuka toko online berbasis di Makassar,” jelas Muna, sapaan akrab mahasiswa Farmasi angkatan 2017 ini.

Baca Juga:  HMGF FMIPA Unhas Gelar Geofisika Peduli Sosial di Desa Lonjoboko
Anggota Tim: Dewi Arifyana (Fakultas Farmasi, 2017)

Nama Seoulite Merch sendiri berasal dari kata โ€œSeoulโ€ yang merujuk pada nama ibu kota Korea Selatan, dan โ€œMerchโ€ yang diambil dari singkatan merchandise.

- Iklan -

Melalui pendanaan KIBM, Muna menuturkan akan memulai dengan menyediakan stok merchandise sehingga pelanggan tidak lagi melakukan pre order.

Selain itu, untuk meningkatkan jumlah konsumen, Muna bersama tim akan mengoptimalkan promosi barang dengan menggunakan platform media sosial dan memanfaatkan jasa Selebgram Makassar.

Nama-nama Mahasiswa Tim โ€œSeolite Merchโ€:

- Iklan -

Ketua : Munawara (Fakultas Farmasi, 2017)

Anggota :

– Muh. Arwinsyah (Fakultas Pertanian, 2017)

– Dewi Arifyana (Fakultas Farmasi, 2017).(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU