Siswa SMA Islam Athirah Bone Lolos Menjadi Delegasi Sulsel di Event ISLC Universitas Indonesia

FAJAR Pendidikan

SEKOLAHSMA Islam Athirah Bone kembali berkiprah di kancah nasional. Ahad, 29 Mei 2022 kemarin, Ketua OSISnya, Muhammad Daffa Intanio Mahmud, terpilih menjadi salah satu delegasi provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti Indonesian Student Leadership Camp (ISLC) 2022 yang dihelat oleh Universitas Indonesia bulan Agustus 2022 mendatang.

Ini bukan kali pertama SMA Islam Athirah Bone ikut dalam kegiatan bergengsi UI yang telah digelar kesebelas kalinya tersebut. Adalah Muhammad Arfah Zamzam, Ketua OSIS SMA Islam Athirah Bone periode 2019/2020 juga telah mengikuti kegiatan ini pada Januari 2019 lalu.

Kegiatan yang diperuntukkan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan ini merupakan ajang tahunan dimana Universitas Indonesia membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh pengurus OSIS tingkat SMA se-Indonesia untuk berpartisipasi.

Saat dikonfirmasi terkait kelulusannya, Ketua OSIS SMA Islam Athirah Bone mengaku sangat bangga. “Alhamdulillah lolos, ini berkat dukungan dan doa dari semua pihak, terutama orangtua, guru-guru, dan teman-teman sekolah. Saya sangat berharap dengan mengikuti kegiatan ini, saya bisa mengeksplorasi dan mengasah jiwa leadership, sehingga bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik, dan terutama, bermanfaat bagi orang lain”, tegasnya.

BACA JUGA :   SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II Kompak Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77

Daffa, sapaan akrabnya, juga menceritakan proses pendaftaran hingga ia dinyatakan berhak mengikuti camp tersebut. “Setelah mengisi form, harus buat esai dan video. Pada saat memilih tema esai, tentu saya mengidentifikasi apa saja permasalahan yang terjadi di lapangan.

Lalu saya melihat masih banyak pengangguran di Indonesia di usia produktif. Sementara tenaga kerja asing terus berdatangan ke negara kita. Mereka menduduki posisi penting di perusahaan, sementara anak negeri, kebanyakan bekerja sebagai buruh kasar ataupun supir. Padahal dalam imajinasi saya, kelak, anak negeri akan menjadi tuan di rumahnya sendiri dengan kualitas SDM yang unggul.

Ini bukan tidak mungkin, karena kita memiliki sumber daya alam yang potensial. Dan saya yakin, anak Indonesia bisa mengoptimalkan potensi tersebut jika mereka punya bekal kuat dan mau menjadi generasi yang mandiri. Nah dari sini saya lalu mengangkat tema ‘Inovasi Anak Negeri untuk Indonesia Mandiri’. Ternyata pas pengumuman, saya terpilih sebagai salah satu delegasi Sulsel untuk mengikuti kegiatan ini. Menyusul senior saya sebelumya, kak Arfah”.

BACA JUGA :   SMK Farmasi Al Makssaari Gowa Juara III Essay Competition Tingkat Pelajar Regional Sulsel

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Islam Athirah Bone, Eva Rukmana, S.Pd., Gr., menyatakan turut senang dengan capaian anak didiknya tersebut. “Alhamdulillah, akhirnya lolos.

Ananda memang salah satu anak yang peka terhadap isu sosial, termasuk dalam menggagas pembinaan sekolah alam di kampung Bajo, Kabupaten Bone yang rutin dibina setiap pekan.

Ketika memutuskan memilih tema yang akan dijadikan esai, kami sangat support dan mendoakan semoga bisa bersaing dengan peserta lain. Semoga dalam kegiatan ini, Ananda bisa memperoleh banyak ilmu dari pemateri maupun peserta ISLC 2022”.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI