- Advertisement -

SMKN 3 Soppeng Raih Penghargaan Apresiasi Giat UKBI

SOPPENG – SMKN 3 Soppeng dapat Penghargaan Apresiasi giat UKBI Tahun 2022 Tingkat Nasional dalam Kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Oleh Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan Drs. Yani Paryono, M.Pd mewakili Kemdikbudristek, bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2022 di lapangan Upacara SMKN 3 Soppeng

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Penghargaan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan sebagai sekolah terbaik tingkat nasional, peraih Apresiasi Giat UKBI 2022.

Yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan sastra, badan Pengembangan dan Pembinaan Bahas, Kemendikbud

Kegiatan UKBI yang dilaksanakan di SMKN 3 SOPPENG disamping siswa mengikuti Uji, sekolah juga mengirimkan video dan artikel tentang kegiatan giat UKBI yg dilaksanakan di sekolah, hal inilah yang menjadi penilaian di Tingkat Pusat sehingga SMKN 3 SOPPENG ditetapkan oleh dewan juri sebagai peraih 15 sekolah terbaik giat UKBI tingkat Nasional.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Dari kegiatan ini kami satu-satunya sekolah SMK yang lolos, dan ini adalah kado terindah untuk SMKN 3 SOPPENG dalam moment Hari Guru Nasional tahun ini,” kata Mumayiz, S.Pd., M.M kepada fajarpendidikan.co.id sabtu 26/11/2022.

BACA JUGA:  TK Islam Athirah 1 Makassar Ikuti Trial Class

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan Drs. Yani Paryono, M.Pd menyampaikan apresisi yang sangat luar biasa terkait kegiatan tersebut karena yang telah mengharumkan nama Sulawesi Selatan bahwa ini sebuah prestasi yang luar biasa diraih SMKN 3 Soppeng, karena salah satunya sekolah kejuruan yang ada di Indonesia menerima penghargaan tersebut. Pesan khusus kepala balai bahasa Sulawesi selatan Kepada Dr. Settaraming, M.Si.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV,.Soppeng,Wajo, Sidrap bahwa kiranya pelaksanaaan UKBI pada tahun 2023 senantiasa diperhatikan, sehingga seluruh jenjang mulai dari SMA dan SMK dapat mengikuti.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Lebih lanjut kami sangat bangga dan merespon kegiatan ini, apalagi merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa di dunia pendidikan, telah mengharumkan nama Sulawesi selatan pada kegiatan UKBI, prestasi yang di raih pada tahun ini bisa dipertahankan,” tutur Mumayiz, S.Pd., M.M selaku kepala sekolah.

Faisal,S.Pd.,M.Si selaku penaggung jawab kegiatan UKBI dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMKN 3 Soppeng menjelaskan bahwa UKBI merupakan tes standar dalam mengukur kemahiran berbahasa bagi para penutur bahasa Indonesia.

BACA JUGA:  Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bantu Warga Bangun Masjid

Uji Kemahiran Berbahasa Indoneia (UKBI ) sangat penting karena dapat mengevaluasi kemampuan berbahasa sekaligus memotivasi pendidik dan peserta didik untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga dapat terhindar dari kesalahan presepsi akibat kesalahan dalam berbahasa.

Materi yang diujikan pada pelaksanaan UKBI tersebut ,meliputi empat kemahiran berbahasa, keempat kemahiran berbahasa tersebut adalah: mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara.

Selain materi tersebut, pada UKBI juga mengujikan materi tentang kaidah berbahasa Indonesia.

Hasil UKBI yang dilaksanakan dikelompokkan kedalam tujuh predikat yaitu:istimewa, sangat unggul, unggul, madya, semenjana, marginal dan terbatas.

“UKBI adaptif yang kami laksanakan di SMKN 3 Soppeng pada tahun 2022 ini, merupakan kegiatan perdana. Berdasarkan testimoni dari peserta didik, mereka sangat bangga dengan kegiatan UKBI adaptif ini karena memperoleh pengalaman baru khususnya materi berbahasa Indonesia, sehingga mereka berharap agar UKBI ini dapat dijadikan sebagai program rutin di sekolah yang bukan hanya untuk kepentingan pembelajaran, tetapi menjadikan sebagai prasyarat kepada seluruh peserta didik yang akan diterima di sekolah, sehingga kemahiran berbahasa Indonesia bisa lebih diunggulkan,” pungkas Faisal.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: