Saturday, September 26, 2020

SMP Islam Athirah 1 Makassar Edukasi Siswa Perihal Esensi Kurban Melalui Webinar

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kegiatan kurban merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan kurban tahun ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu penyembelihan dan webinar untuk seluruh peserta didik. Proses penyembelihan telah dilaksanakan sehari sebelum webinar. Webinar ini bertema “Fiqh Kurban dan Hikmahnya”, dilaksanakan melalui aplikasi konferensi zoom, Senin (3/8/2020). Webinar ini diikuti oleh 330 peserta yang terdiri dari guru, karyawan serta seluruh peserta didik.

Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. berharap kegiatan kurban ini bukan hanya menjadi rangkaian dalam perayaan Idul Adha. Namun dapat menjadi sarana agar setiap proses kurban dapat meningkatkan keimanan, ilmu dan amal baik untuk yang berkurban, maupun yang berpartisipasi dalam pelaksanaan kurban. Selain itu dari proses kurban ada informasi yang didapat dari segi ilmu agama dan ilmu ilmiah.

“Peserta didik diharapkan dapat meningkatkan iman, ilmu dan amal, serta dapat menambah wawasannya saat melihat proses kegiatan kurban,” tutur Aman dalam sambutan webinar.

Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nilamartini, S.Pd. menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan kurban tahun depan diharapkan dapat berjalan seperti biasa, dimana peserta didik dapat melihat seluruh proses kegiatan kurban, mulai dari penyembelihan, pemotongan, hingga penyaluran kepada yang berhak. Hal ini agar peserta didik dapat belajar arti sebuah proses dan menumbuhkan sikap kepedulian antar sesama.

“Semoga tahun depan dapat melaksanakan kegiatan kurban sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana peserta didik dapat melihat secara langsung proses penyembelihan,” tutur Nila.

Tahun ini untuk pertama kalinya kegiatan kurban tidak dapat dilihat langsung oleh peserta didik. Peserta didik hanya melihat dokumentasi berupa foto dan video pada saat proses penyembelihan.

Kegiatan webinar ini menghadirkan dua guru Al-Quran sebagai pembicara. Pembicara pertama Abd. Wahab, S.Pd memaparkan tentang Fiqh Qur’an. “Lakukan kurban sebagai salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Setiap orang mungkin mampu berkurban, tetapi tidak semua orang mampu melaksanakan sebagai bentuk ketakwaannya,” ucapnya mengawali materi. Materi yang dipaparkan mencangkup definisi kurban, dalil dan hadist terkait kurban, hukum kurban serta berbagai ketentuan penyembelihan dan penyaluran daging kurban.

Selanjutnya materi kedua dipaparkan oleh Muh. Irfan, S.Pd menjelaskan tentang hikmah kurban “Ada tiga hikmah kurban yaitu sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagai bentuk rasa syukur, serta ibadah kurban lebih dari sekadar sedekah,”ujarnya. Hikmah kurban dipaparkan dengan begitu jelas, agar peserta didik dapat dengan mudah memahaminya.

Dalam webinar, diperlihatkan sebuah video pada saat proses penyembelihan hewan kurban. Setelah melihat video tersebut, peserta didik dibagikan LKS Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Isi setiap LKS berkaitan dengan proses kegiatan kurban. Misalnya pada LKS PAI, peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang telah diberikan pemateri. Berbeda halnya dengan LKS IPA yang berkaitan dengan fungsi organ dari hewan yang dikurbankan.

LKS diberikan melalui akun Google Classroom masing-masing peserta didik. Peserta didik diberikan waktu selama satu jam untuk mengerjakan LKS, dengan pendampingan secara virtual oleh guru mata pelajaran PAI dan IPA. Walaupun kegiatan kurban tahun ini berbeda. Namun tidak menghilangkan tujuan utama dalam kegiatan ini yakni, meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, serta menambah wawasan peserta didik.

Laporan : Musyorafah, S.S.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Kampanye Germas di Era Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto dan Mahasiwa Magang Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat, melakukan kegiatan...

Terbaik di Indonesia Timur, Komitmen Pemda Barru dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - 'Paritrana' adalah bahasa sansekerta yang bermakna perlindungan, Tidak banyak daerah yang memiliki progresivitas dalam memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja...

Bupati Suardi Sebut Keistimewaan Profesi Bidan di Muscab IBI Cabang Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id -Musyawarah cabang ketujuh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Barru, digelar di Gedung Tower Kantor Bupati Barru dan dibuka oleh Bupati...

Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru MadrasahPeluncuran Garda Kagum KemenagKab. Barru - Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan...

DPK Sulsel Gelar Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Performance Pengelola Perpustakaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh Hasan Sijaya, S.H., M.H membuka acara Bimbingan Teknis Perpustakaan Angkatan...

REKOMENDASI