Monday, July 13, 2020

SMP Islam Athirah Bone Umumkan Kelulusan Siswa via Live Streaming

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mengahadapi situasi pandemik corona, segenap insan pendidikan dipaksa untuk mampu beradaptasi di tengah ancaman infeksi virus, tidak terkecuali dengan warga Sekolah Islam Athirah Bone. Hari Kamis (4/6) SMP Islam Athirah mengumumkan kelulusan siswa dan siswi kelas IX via google meet yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas IX, guru, dan pimpinan sekolah.

Meski lewat live streaming, prosesi pengumuman kelulusan itu bak acara seremonial. Para siswa yang hadir dalam live streaming wajib berpakaian rapi dan sopan. Acara diawali oleh sambutan kepala sekolah, kemudian wakil bidang kurikulum dan kesiswaan, kemudian kepala sekolah dengan resmi menyampaikan hasil rapat kelulusan siswa.

Kepala SMP Islam Athirah Bone, Nuraeni, S.Pd. mengatakan, ada berbagai alternatif untuk mengumumkan kelulusan siswa, seperti lewat amplop, website, WhatsApp Group hingga Zoom. Pengumuman secara online ini dilakukan karena sekolah tidak boleh mengumpulkan siswa untuk menghindari kerumunan massa.

“Kami lebih tertarik memilih via google meet untuk mengumumkan kelulusan dengan alasan, kami ingin melihat wajah anak-anak. Siswa tentunya merasakan kerinduan yang sangat terhadap guru-gurunya karena sudah sejak maret lalu tidak aktif di sekolah,” kata Nuraeni usai mengumumnkan kelulusan siswanya, Kamis (4/6).

Nuraeni mengungkapkan, tahun ini sangat berbeda dibandingkan sebelumnya. Secara pribadi, ia mengaku sedih karena sebelumnya pengumuman kelulusan dilakukan di sekolah dan dirangkai dengan acara donasi dan saling bersalaman dengan guru-gurunya.

“Kali ini kesannya sangat berbeda. Sedih, iya pastinya. Tahun lalu kami sempat bersalam-salaman, acara donasi dan lain-lain,” ungkap Nuraeni.

Namun, Nuraeni bersyukur karena teknologi, dirinya bisa melihat siswanya. Meski hanya dari jauh dan tidak bisa berjabat tangan secara langsung.

Meski daring, siswa-dan siswi kelas IX dengan serius menyimak setiap penyampaian dari para pimpinan, hingga tibalah akhirnya mereka merasakan kebahagiaan karena 38 siswa kelas IX yang terdiri atas dua kelas dinyatakan lulus. Di akhir sesi, wakil kepsek bidang kesiswaan menyampaikan bahwa siswa harus memenuhi semua syarat terlebih dahulu sebelum mengurus administrasinya, seperti lulus hafalan Alquran 3 Juz dan Lulus Sidang Artikel Ilmiah.

Laporan: Abisar

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Cegah Covid-19, Sejumlah Ruang Pertemuan di Mapolres Bone Disemprot Disinfektan

Bone, Fajarpendidikan.co.id- Polres Bone melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruang pertemuan kantor, Senin (13/07/2020). Sejumlah tempat yang dilakukan penyemprotan...

Editorial Majalah FAJAR PENDIDIKAN Edisi 340: PJJ Permanen, Perlu Evaluasi Secara Berkala

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Dunia pendidikan saat ini sedang hangat membicarakan mengenai rencana pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diwacanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Lantatur, Begini Cara Ambil Buku Paket dan Baju Seragam di Sekolah Islam Athirah

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah memberlakukan layanan tanpa turun (lantatur)/Drive THRU untuk pengambilan buku paket dan baju seragam bagi peserta didik baru,...

Pendaftran Doodle Art – Science Contest 2020, “Me vs Covid-19” diperpanjang

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar Science Center yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan didukung oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) dan Kemenristek/BRIN...

Ini Pesan Kasal Saat Berkunjung Di Shelter Moro Sagoro AAL-33 Lapangan Golf Baddoka Lantamal VI

Makassar, FAJARPENDIDIKA.co.id - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meninjau sarana dan prasarana Lapangan Golf Baddoka Lantamal...

REKOMENDASI