ADV A1

Tanda-tanda Kiamat Menurut 6 Agama di Dunia

Terdapat tanda-tanda kiamat menurut 6 agama yang harus diketahui oleh semua umat yang ada di dunia.

FAJAR Pendidikan

Kiamat adalah sebuah peristiwa yang tak akan diketahui manusia kapan kejadian ini akan terjadi.

Setiap umat beragama yang ada di dunia akan mempercayai kedatangan akhir zaman atau hari kiamat, lantaran tertulis dalam kitab 6 agama. Kehidupan apa saja yang ada di dunia akan hancur sehingga tak akan ada lagi manusia, hewan, dan tumbuhan yang hidup.

Dalam beberapa agama, kiamat merupakan jalan menuju kehidupan abadi yang mana manusia akan diadili dengan amalannya yang sudah dilakukan selama hidup di dunia.

Walaupun secara konsep, kiamat sama saja dalam berbagai agama, tanda-tanda kedatangannya selalu berbeda. Setiap agama menandakan kiamat dengan munculnya sebuah hal sampai dunia hancur lebur secara perlahan-lahan.

Lantas, Apa Saja Tanda-Tanda Kiamat Menurut 6 Agama?

1. Tanda-tanda Kiamat Menurut Islam

Islam adalah salah satu agama terbesar di dunia yang mengenalkan tanda kiamat atau akhir zaman kepada umatnya. Salah satu tanda kiamat  dalam agama Islam adalah terbitnya matahari dari ufuk barat.

Selain alam, datangnya hari kiamat juga ditandai dengan kemunculan dajjal. Dia merupakan makhluk yang akan menghancurkan dunia. Dalam berbagai cerita, dajjal dilukiskan sebagai makhluk yang bengis dan mempunyai satu mata diwajahnya.

Selain dajjal, kiamat juga ditandai dengan kehadiran bangsa Ya’juj dan Ma’juj. Bangsa tersebut akan membuat kekacauan di dunia secara perlahan. Tanda kiamat yang terakhir menurut Islam adalah turunnya Nabi Isa As, terpecahnya bulan, dan juga terdengarnya terompet sangkakala.

2.Tanda-tanda Kiamat Menurut Kristen Protestan

Dalam agama Kristen Protestan juga terdapat berbagai tanda kiamat. Tanda ini mulai dari kemunculan nabi palsu. Matius 24:5 dikatakan bahwa akhir zaman akan banyak orang yang mengaku sebagai Mesias dan menyesatkan orang. Kemudian tanda kedua adalah banyak kejahatan. Kriminalitas yang semakin marak terjadi, orang-orang semakin tega melakukan banyak hal jahat dengan sesama.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Kamis 19 Mei 2022: Pewarta yang Dipenuhi Sukacita

Menurut Alkitab, perzinahan dan pornografi akan semakin merajalela, bahkan sampai di kalangan remaja. Selain itu tanda-tanda kiamat dalam agama Kristen adalah bumi semakin rusak, moral manusia yang semakin egois dan mencintai uang, meninggalkan Allah, munafik atau bermuka dua, perang, kelaparan, wabah penyakit, gempa bumi, sampai bencana alam.

3. Tanda-tanda Kiamat Menurut Katolik

Dalam kepercayaan agama Katolik, kiamat telah berkali-kali diramalkan sejak ribuan tahun yang lalu.  Umat agama katolik meyakini bahwa kiamat akan segera datang jika hal-hal mengerikan terus datang dan menghantam bumi terus menerus.

Ujian berat akan bertubi-tubi pada manusia merupakan sebuah tanda bumi ini akan segera menemui penghujungnya. Mulai dari kehancuran kosmis, adanya pemberontakan, perang, pengkhianatan gereja, dan lain sebagainya. ini adalah tanda nyata bahwa kiamat sudah siap untuk menghancurkan bumi dan segala isi di dalamnya.

4. Tanda-tanda Kiamat Menurut Hindu

Dalam agama Hindu, kiamat bukanlah akhir dari segalanya. Dalam konsep kepercayaan mereka, dunia mempunyai siklus dari penciptaan sampai akhir zaman. Setelah akhir zaman datang, maka kehidupan baru akan segera dimulai kembali dari awal. Siklus kehidupan baru dalam kepercayaan agama Hindu ini dinamakan sebagai kalpas. Satu siklus kalpas berjalan sekitar 4,1 sampai 8,2 miliar tahun.

Sebelum adanya hari kiamat, pemeluk dari agama Hindu percaya bahwa akan datang kalki. Hampir mirip dengan agama Abrahamik yang juga mengenal adanya Imam Mahdi atau Messiah, dalam kepercayaan agama ini akan hadir seseorang di hari penghabisan. Pada kepercayaan agama Hindu, kalki atau avatar terakhir Wisnu akan muncul dalam bentuk manusia dengan kuda putih.

BACA JUGA :   Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Lengkap Beserta Artinya

5. Tanda-tanda Kiamat Menurut Buddha

Menurut ajaran agama Buddha, kiamat yang akan terjadi di dunia adalah dengan lima kemerosotan. Pertama, kemerosotan dalam pandangan hidup manusia di bumi. Bila bumi sudah dipenuhi dengan pandangan negatif, dipastikan kiamat akan segera hadir. Kemerosotan berikutnya adalah hawa nafsu. Bila bumi sudah diisi dengan manusia yang fokus pada harta, tahta, dan nafsu birahi, maka kiamat akan segera datang.

Kemerosotan lain dalam pandangan agama Budha adalah kondisi manusia mulai dari kesehatan fisik dan juga mental. Selain itu, juga ada kemerosotan jangka kehidupan manusia, contohnya adalah banyak orang yang meninggal usia muda. Terakhir adalah kemerosotan zaman di dunia karena bencana alam dan juga kerusakan permanen yang ada di bumi.

6. Tanda-tanda Kiamat Menurut Yahudi

Menjadi sebuah agama Abrahamik yang hadir di dunia, Yahudi mempunyai konsep tersendiri mengenai hadirnya kiamat. Menurutnya, akhir zaman akan muncul dalam dua tanda. Pertama adalah Mesianisme yang mencakup berbagai hal mulai dari pengumpulan orang yang sudah dibuang, pembuatan bait suci, sampai kurban binatang.

Tanda kiamat berikutnya adalah Olam ha-Ba. Dalam agama Yahudi, dunia lama akan mengalami kehancuran yang diakibatkan oleh berbagai sebab. Setelah itu, dunia baru akan hadir dan membangkitkan semua manusia yang sudah meninggal.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI