ADV A1
ADV B1

Tangkal Radikalisme, Dosen FH UMI Gelar Penyuluhan Hukum di Maros

FAJAR Pendidikan

Dosen Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI), Dr. M. Rinaldy Bima, SH., MH. dan Dr. Muhammad Ilyas, SH.,MH., melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan ini digelar selama 2 kali, yakni; 25 Agustus 2021 dan 17 Desember 2021, di  Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. PKM dilakukan dalam bentuk penyuluhan hukum yang didampingi langsung oleh Kepala Desa Pucak Abdul Razak, dengan melibatkan aparat dan masyarakat desa.

-ADV C2 -

Menurut Dr. Rinaldy Bima, Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian Dosen kepada masyarakat terkait hukum.

BACA JUGA :   Ketua MWA Unhas: Pilrek Unhas adalah Wajah Indonesia, Layak Jadi Contoh
-ADV C3 -

“Masyarakat harus dibekali Pemahaman hukum yang lebih mendalam guna mewujudkan masyarakat yang taat hukum,” ujar Dr. Rinaldy.

Tidak hanya itu, Penyuluhan Hukum ini juga membahas terkait Radikalisme, menurut Dr. Rinaldy banyak anak muda yang direkrut dalam kelompok teroris.
“Banyak anak muda yang direkrut dalam kelompok teroris, sehingga perlu diadakan sosialisasi dan penyuluhan hukum tentang radikalisme. Hal inilah yang mendorong dilaksanakannya penyuluhan hukum di desa Pucak,” tambah Dr. Rinaldy.

BACA JUGA :   MWA Unhas Tetapkan Prof Jamaluddin Jompa Sebagai Rektor Terpilih Periode 2022-2026
-ADV C4 -

Lanjut, Dr. Rinaldy juga mengambil kesimpulan dari sosialisasi tersebut, pertama, Kurangnya pengetahuan perangkat desa dan masyarakat desa mengenai radikalisme, kedua, masih terjadi kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan munculnya radikalisme.

Adapun yang menjadi rekomendasi/saran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: Pertama, perlu dilakukan sosialisasi, penyuluhan kepada seluruh warga masyarakat terkait radikalisme, dan Kedua, aparat desa dan penegak hukum lebih optimal dalam mencegah kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan terjadinya radikalisme.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI