Kecap (Foto/Int)

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kecap manis merupakan bumbu masak yang sangat mudah ditemukan dan tergolong sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan dijadikan pendamping makan yang sangat favorit.

Bahan makanan ini berasal dari negeri tirai bambu (tiongkok) yang terbuat dari kedelai hitam yang difermentasi yang di campur dengan rempah lainnya. Tapi tahukah anda bahwa mengkonsumsi kecap manis secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan anda ? berikut ulasan efek mengkonsumsi kecap.

Menyebabkan masalah pencernaan
Salah satu kandungannya ialah asam fitat. asam fitat merupakan molekul non gizi yang tidak bisa diserap oleh tubuh sehingga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada sistem pencernaan.

Mengandung zat beracun penyebab kanker
zat beracun tersebut ialah chloropropanols yang muncul diproduksi selama pemrosesan kecap. Salah satu zat beracun yang dikenal sebagai 3-MCPD ditemukan dalam protein nabati terhidrolisis asam. Itu adalah jenis protein pada kecap yang diproduksi secara kimia. Takaran batas penggunaan zat tersebut, yaitu hanya 0,02 mg 3-MCPD per kilogram kecap. Jika Anda ingin aman dan terhindar dari masalah kesehatan, pilihlah kecap yang difermentasi secara alami supaya kandungan 3-MCPD di dalamnya rendah atau tidak ada sama sekali.

Baca Juga :   Cuci Ginjal Hanya Rp10.000

Mengandung zat tyramine dan histamine.
zat tyramine dan histamine adalah bahan kimia alami yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Konsumsi histamine dan tyramine terlalu banyak dapat menyebabkan efek racun, khususnya jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Gejala yang dapat timbul akibat paparan histamin yang terlalu tinggi adalah sakit kepala, berkeringat, pusing, gatal, ruam, dan masalah lambung. Maka dari itu, orang yang sensitif terhadap amin sebaiknya mengurangi asupan kecap manis atau menghindarinya sama sekali

Kadar garam (Sodium) yang tinggi
konsumsi sodium berlebih dapat menyebabkab terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi) dalam jangka panjang yang juga dapat berakibat terjadinya penyakit jantung. Sebaiknya Anda mulai membatasi konsumsi kecap manis. Konsumsi sodium yang pada umumnya dianjurkan adalah sebanyak 1.500-2.300 mg per hari. Dengan membatasi asupan sodium, risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dapat dikurangi.

Baca Juga :   Komsumsi Mie Instan Dengan Nasi, Sehat atau Tidak?

Mengganggu produksi sperma
Konsumsi kecap berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan menurunkan jumlah produksi sperma hingga kelainan reproduksi pria.

Beresiko kanker payudara
Kandunga Isoflavon terkandung dalam produk kedelai seperti kecap yang difermentasi terbukti bertindak sebagai katalis untuk proliferasi cepat sel kanker pada payudara. Bahaya kecap juga dapat mengganggu siklus menstruasi normal pada wanita.

Berbahaya bagi ibu hamil
Selama masa kehamilan sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil mengkonsumsi kecap manis atau segala bahan yang terbuat dari kedelai sebab dapat menghambat perkembangan bayi.

Namun jangan khawatir, mulailah mengkonsumsi makanan apapun secara bijak dan dalam takaran yang wajar. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan. (SLD)