Tim Lp2m UNM Gelar Pemetaan Geospasial Potensi Desa Jenemadinging

FAJAR Pendidikan

Dalam mendukung perencanaan dan percepatan pembangunan desa, tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan Pemetaan Geospasial Potensi di Desa Jenemadingin Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Riset Keilmuan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) skema Riset Desa 2021 yang didanai oleh RISTEK-DIKTI Kemendikbud dan LPDP Kemenkeu, dan sudah berlangsung sejak Januari dan akan berakhir pada November 2022. Kegiatan ini sendiri melibatkan 2 alumni Geografi UNM dan 5 mahasiswa program MBKM dari Jurusan Geografi UNM.

Tim yang di motori oleh Abdul Malik, S.T., M.Si., Ph.D. atau akrab di sapa Malik yang juga dosen Jurusan Geografi FMIPA dan anggota Dr. Abd. Rahim, S.P., M.Si. dosen Jurusan Ekonomi FEB menjelaskan bahwa “pemetaan desa ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan potensi suatu desa dengan berbasis teknologi geospasial dan partisipatif masyarakat, sehingga ini akan memudahkan dalam mengkomunikasikan kepada masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan termasuk pemda, lembaga/kementerian, dan para investor dalam dan luar negeri tentang apa, bagaimana dan dimana saja sebarannya potensi tersebut yang tergambar dalam peta-peta”.

BACA JUGA :   Pancing Geliat Peneliti Budaya Lokal, LPPM IAIN Bone Hadirkan Pakar Peneliti Budaya

Malik menambahkan bahwa “kegiatan ini juga merupakan amanat dari UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, UU No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, dan mendukung percepatan pelaksanaan Perpres No. 9 Tahun 2016 tentang Kebijakan Satu Peta (One Map Policy)”. “Hingga saat ini kegiatan ini dan luaran yang akan dihasilkan (Model pembelajaran MBKM, Artikel ilmiah, Album Peta, HAKI Hak Cipta, Video Kegiatan, dan berita di media online) penyelesaiannya telah mencapai lebih dari 80%” pungkas Malik.

BACA JUGA :   Tim Pengabdian Masyarakat Unhas Gelar Pelatihan Penyusunan Uraian Tugas pada Pegawai di 7 RS Milik Pemprov Sulsel

Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T., IPU. sebagai Ketua LP2M UNM mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan ini. “ini merupakan bentuk diseminasi dan pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi oleh universitas ke pemerintah dan masyarakat desa, khususnya dalam teknologi geospasial” ungkap Prof. Bakhrani.

Ia juga berharap dengan kegiatan ini potensi desa bisa lebih jelas dan rinci, sehingga pembangunan desa bisa lebih terarah dan pengembangan ekonomi dan pemberdayaan kelembagaan masyarakat desa mudah tercapai. Pemerintah Desa Jenemadingin sebagai mitra menyambut baik dan mendukung kegiatan ini.

“Kami siap dan tentunya akan senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan ini” papar H. Rusmin Nuryadin, S.E. yang juga Kepala Desa Jenemadingin.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI