Tim PKM Unim Bone Terapkan Model Pembelajaran PGSD Terintegrasi Permainan Bugis

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unim) Bone kembali meraih prestasi dengan lolos pkm tahun 2021 yang merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa bidang PKM-RE dengan judul ‘’Penerapan Model Pembelajaran PGSD Terintegrasi Permainan Bugis Lojo-Lojo Pindip Untuk Meningkatkan Penalaran Adaptif Matematika Siswa Materi Geometri’’.

Mahasiswa tersebut atas nama Magfirah dari Prodi Pendidikan Matematika dengan 2 orang anggota yaitu Andi Fauziah dari Prodi Pendidikan Matematika dan Nining Muliana dari Teknologi Pendidikan dengan dosen pendamping yaitu Bapak Sugian Nurwijaya, S.Pd.,M.Pd selaku ketua prodi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Bone.

Magfirah telah berhasil lolos kembali dalam ajang bergengsi PKM 2021 yang ke 3 kalinya dengan anggota tim yang berbeda dan Bidang PKM yang berbeda yaitu PKM-RE dengan judul ‘’ Penerapan Model Pembelajaran PGSD Terintegrasi Permainan Bugis Lojo-Lojo Pindip untuk Meningkatkan Penalaran Adaptif Matematika Siswa Materi Geometri’’.

Lokasi penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kahu. Namun, karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring maka tim melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa bantuan aplikasi. Magfirah mengatakan bahwa, tim memanfaatkan aplikasi untuk proses pembelajaran agar dapat melaksanakan penelitian dengan menggunakan aplikasi Lucky Wheel, Zoom dan WhatsApp.

Penerapan model pembelajaran PGSD terdiri dari 6 tahapan yang diterapkan secara online. ‘’Dengan menerapkan model pembelajaran PGSD terintegrasi permainan bugis Lojo-Lojo Pindip dengan bantuan Lucky Wheel, Zoom dan WhatsApp akan menarik minat belajar siswa karena model pembelajaran PGSD sendiri merupakan model pembelajaran berupa bimbingan untuk memecahkan masalah kemudian diintegrasikan ke permainan bugis Lojo-Lojo Pindip dengan bantuan aplikasi Lucky Wheel yang merupakan strategi pembelajaran baru yang memiliki makna tersendiri’’, katanya kepada Fajar Pendidikan Kamis, 12 Agustus 2021.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI