Selasa, April 20, 2021

Tim Unsulbar dan UIN Alauddin Kunjungi RS Terapung Korban Gempa Majene

FAJARPENDIDIKAN.co.id –  Sivitas akademik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) melakukan kunjungan silaturahmi bersama tim dosen dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ke Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) di pelabuhan Palipi Majene, Rabu (3/02/2021).

Kunjungan silaturahmi ini dipimpin oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar untuk membantu penanganan dampak gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Direktur RSTKA dr Agus Hariyanto menyampaikan bahwa Tim dari FIKES Unsulbar dan UIN Alauddin tersebut diminta hadir menggantikan fungsi rumah sakit di lokasi bencana gempa bumi Sulbar  yang sudah tidak bisa beroperasi berdasarkan hasil koordinasi dengan Tim Bencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Setelah mempersiapkan kebutuhan medis, logistik, dan bantuan lain untuk sepuluh hari, maka RSTKA memulai pelayaran selama 3 hari menuju ke Sulawesi Barat pada tanggal 17 Januari 2021,” tuturnya.

Sementara itu, Muhammad Irwan, M Kes yang memimpin kunjungan tersebut berharap kehadiran RSTKA dapat meringankan penderitaan masyarakat korban bencana.

Selain itu, sambungnya, diharapkan pula terjalin kerjasama yang lebih baik dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi antara Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Islam negeri Alauddin  Makassar dan Universitas Sulawesi Barat.

Tim kesehatan  yang terlibat dalam program ini terdiri atas 6 orang dokter umum, dokter spesialis anastesi dan orthopedi, serta apoteker.

RSTKA juga bekerjasama dengan rumah sakit lapangan setempat untuk memeriksa kesiapan dan kebutuhan perawat.

“Berbekal sarana yang ada, maka dilakukan pemeriksaan kesehatan hingga tindakan operasi mayor dan minor karena RSTKA telah dilengkapi pula dengan kamar operasi yang representatif dan hal tersebut yang menjadi keunggulan dari RSTKA,” jelasnya.(*)

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI