Dosen Unibos Bantu Tingkatkan Produksi Kerajinan Kayu Desa Kassi Loe

Pendampingan peningkatan produksi kerajinan kayu di Desa Kassi Loe, Kabupaten Pangkep oleh dosen Unibos.
Adv

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebagai salah satu program pengembangan desa mitra pengabdian masyarakat, Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Burhanuddin, Herminawati dan Fauzi gelar pendampingan peningkatan produksi kerajinan kayu di Desa Kassi Loe, Kabupaten Pangkep, Rabu, 18 September 2019.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam peningkatan produksi tersebut termasuk melakukan pendampingan dalam sistem on job training, pendampingan dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi produksi.

Khususnya biaya pembelian bahan baku atau kayu dan waktu produksi dan memberikan pemahaman cara dan strategi bersaing pemasaran produksi mebel baik lokal maupun antar daerah.

“Mitra di Desa Kassi Loe dengan pendampingan ini sekiranya dapat lebih terampil dan terencana dalam proses produksi berdasarkan layout proses. Sehingga waktu dan biaya lebih efisien dan efektif,” terang Burhanuddin.

UMK mitra juga lebih memahami tentang cara pencatatan dan pembukuan pengeluaran dan pemasukan dana serta mengetahui cara menyusun laporan keuangan.

“Selain itu, kami juga ingin masyarakat merasakan manfaat pendampingan seperti adanya perkembangan usaha,” katanya.

Dimana omzet penjualan mebel zofa meningkat rata-rata 25,20 persen setiap bulan dan juga dapat membuka lapangan bagi tenaga kerja lokal dan penambah pendapatan asli daerah dengan membayar pajak usaha.

Baca Juga :   Menambah Wawasan Keteknikan, FT Unibos Bahas KA Makassar Pare-Pare

Dengan kegiatan ini, kata Burhanuddin, target ke depan mitra dapat meningkatkan volume penjualan dengan cara memperbanyak jaringan bisnis baik tingkat lokal maupun di pasarkan ke daerah-daerah seperti ke Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulwesi Tengah dan juga menyeberang ke NTT.(FP/Rls)