Selasa, Maret 2, 2021

Tips Anak Kos Tak Tertular Corona di Warung Makan

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pandemi virus Corona atau Covid-19 membuat semua masyarakat harus tetap waspada dengan penyebaran virus tersebut. Pasalnya, virus ini bisa menyebar di mana saja termasuk di warung makan. 

Khususnya bagi anak yang tinggal di kos harus memperhatikan kebersihan warung makan itu untuk mencegah penularan virus Covid-19. Mengingat mereka sering kali membeli makanan di tempat tersebut. 

Dilansir dari akun Instagram resmi Badan Pengawasan obat dan Makanan (BPOM), berikut Tagar berikan ulasan mengenai tips yang harus diterapkan agar terhindar virus Corona saat membeli makanan di warung makan.

1. Pastikan Warung dan Tempat Masak Hingga Peralatan Makan Bersih

Memastikan ketiga hal tersebut sangat penting lantaran virus dan segala mikroorganisme sangat suka tinggal di dalam tempat yang kotor.

Bukan hanya virus Corona saja, tetapi bakteri Salmonella typhi penyebab tifus dan E.coli penyebab diare juga mungkin bisa bersarang di sana.

2. Pastikan Penjual atau Penyaji Makanan Memakai Masker dan Sarung Tangan

Disarankan jika ingin mengunjungi warung makan harus memperhatikan hal tersebut. Sebab masker bisa meminimalisir risiko penularan virus Corona yang menempel pada makanan dan dapat menahan air liur agar tidak menyebar. Sementara sarumg tangan bisa mencegah kontak langsung dengan sumber virus.

3. Penjual dan Pengunjung Cuci Tangan

Apabila terpaksa makan di sana, disarankan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Namun jika tak tersedia tempat cuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif yang dapat dilakukan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Cara tersebut bisa membunuh bakteri dan virus hingga hampir 99 persen.

4. Jaga Jarak dengan Pengunjung Lainnya (Physical Distancing)

Menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum atau physical distancing tetap harus dilakukan. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19

Virus bisa menyebar dari satu orang ke orang lainnya dengan jarak satu meter, bahkan saat bersin mampu mencapai 1,8 meter. Sehingga pastikan duduk atau berdiri setidaknya tiga ubin ukuran 30×30 sentimeter.

5. Pemilihan Makanan

Imunitas tubuh yang baik menjadi kunci utama melawan virus Corona. Jadi pemilihan makanan bergizi dan sehat sangat penting diperhatikan masyarakat. 

Sebaiknya pilihlah dan konsumsi makanan yang baru dimasak karena memiliki sumber nutrisi lebih sempurna dibandingkan makanan yang lama dan beberapa kali dipanaskan. Hindari gorengan yang warnanya sudah gelap dan sayur yang kelihatan berulang kali dipanaskan.

6. Segera Pulang

Mencegah penularan virus Corona, ada baiknya makanan itu dibawa pulang ke rumah daripada harus dimakan di tempat tersebut. Pasalnya tidak ada yang tahu warung makan itu steril dari virus atau tidak. Apabila terlalu lama berada di sana bisa saja meningkatkan risiko terjangkit penyakit menular seperti, Covid-19. (WLD/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Pentingnya Mengetahui Bencana Ekologis dan Manajemen Resiko Bencana

Makassar, PENDIDIKANFAJAR.co.id- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar webinar virtual bertema, "Literasi Kebencanaan di Indonesia untuk Menangkal Mis-Disinformasi"  dengan menghadirkan,  Prof.Dr.Eng.Adi Maulana, ST.M.Phil....

Bupati Bone Resmikan Jembatan Senilai Rp 2 Miliar

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi meresmikan Jembatan Pekkawae di Desa Mattoanging, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Selasa (2/3/2021).

BAN-PT Visitasi Prodi PPKn Unim Bone Secara Daring

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi secara daring terhadap Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah...

Komunitas Anak Pelangi Gelar Festival Hari Ibu

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Founder Komunitas Anak Pelangi (K-Apel), Rahman Maman Abdurahman Rumadai yang akrab disapa Kak Maman bersama seluruh jajaran pengurus dan anggota...

Sentuh Pustaka Poles Perpustakaan SMPN 24 Makassar Jadi Indah

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Perpustakaan SMP Negeri 24 Makassar yang diberi nama Perpustakaan Carakdek atau istilah yang diambil dari bahasa daerah Makassar yang berarti...

REKOMENDASI