5 Contoh Abstrak, Fungsi dan Pengertian

5 Contoh Abstrak, Fungsi dan Pengertian. Simak lengkapnya berikut ini :

Pengertian Abstrak

Secara umum, Abstrak ialah tulisan sederhana yang tak terlalu panjang dengan jumlah dari kata yang sudah dibatasi. Penulisan abstrak ialah rangkuman ataupun intisari dari suatu Karya Tulis Ilmiah, Paper, Tugas Akhir ataupun Skripsi.

Cara membuat abstrak itu mencakup keseluruhan dari pada penelitian yang dilakukan sebagai sebuah bahan tinjauan umum untuk orang lain.

- Iklan -

Di dalam dunia akademisi ataupun penelitian penulisan yang abstrak ialah tulisan singkat yang sedang mencakup dengan menyeluruh kegiatan serta aktivitas agar bisa mengatasi permasalahan serta memberikan solusi yang sangat sesuai dari permasalahan yang sangat teliti.

Fungsi Abstrak

Fungsi dasar dari pada contoh abstrak yakni sebagai berikut :

  • Komponen Utama Dalam Laporan Hasil Penelitian
  • Gambaran Umum Yang Mengenai Isi Laporan Dari Penelitian
  • Bahan Pertimbangan Untuk Para Pembaca

Contoh Abstrak

Berikut ini terdapat beberapa contoh abstrak yang bisa kalian contoh dan mudah untuk kalian pahami.

- Iklan -

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MODUL KEPRIBADIAN DIDALAM
PELAKSANAAN BIMBINGAN PRIBADI UNTUK SISWA
KELAS X DI SMA GAJAH MADA (GAMA) B. LAMPUNG

Oleh:
Sisri Wahyuni
031924001

- Iklan -

          Penelitian ini tujuannya untuk mengembangkan modul pengembangan kepribadian Untuk siswa kelas X sebagai sebuah media di dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi pada SMA Gajah Mada (GAMA) B. Lampung.

Modul pengembangan kepribadian itu agar bisa memudahkan siswa di dalam pembelajaran soal pengembangan kepribadian. Penelitian ini termasuk juga jenis penelitian pengembangan yang mengacu kepada pendapat dari Borg & Gall.

Baca Juga:  Mengapa Kupu-kupu Hinggapnya di Pohon Bunga?

Produk yang sudah dikembangkan berdasarkan dari penelitian awal ialah modul pengembangan kepribadian untuk siswa kelas X yang isinya materi-materi dari pemahaman diri, percaya diri serta tanggung jawab.

Subjek uji coba di dalam penelitian pengembangan ini ialah subjek ahli, yakni ahli materi bimbingan diri pribadi, ahli media dari pembelajaran serta guru pembimbing, dan juga subjek siswa di kelas X SMA GAMA Yogyakarta sebagai calon pemakai produk.

Penentuan subjek itu dilakukan secara random sampling, yang terdiri 10 orang siswa bagi uji coba lapangan utama serta 24 orang siswa bagi uji lapangan operasional. Teknik dari pengumpulan data yang dilakukan dengan angket.

Angket ini dipakai untuk menilai modul yang sedang dikembangkan dari segi kelengkapan untuk modul itu sendiri, isi materi ataupun tampilan fisik modul. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif serta kualitatif.

Hasil penelitian yang menunjukkan bahwasanya, pada uji coba lapangan yang utama modul pengembangan kepribadian untuk siswa kelas X SMA termasuk di dalam kategori baik.

Sesudah dilakukan revisi, modul hasil dari pengembangan termasuk ke dalam kategori begitu baik di uji lapangan operasional. Dengan demikian, modul dari pengembangan kepribadian untuk siswa kelas X SMA hasil dari pengembangan ini layak dipakai oleh siswa.

Kata kunci: Pengembangan Modul, dan Pengembangan Kepribadian

ABSTRAK

MEMBANGUN KARAKTER YANG MELALUI KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK I SMK NEGERI 1 KARANG TAHUN AJARAN
2015-2016

Baca Juga:  Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik dan Contohnya

Yuni Maelani, S.Pd.,
Wudi Junaidi
Dosen Prodi Pendidikan Matematika UNILA Lampung
Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNILA Lampung

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui nilai dari karakter yang bisa membangun kebiasaan untuk belajar matematika siswa dikelas X Rekayasa Perangkat Lunak 1 SMK Negeri 1 Karang tahun ajaran 2015-2016.

Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa dikelas X MULTIMEDIA SMK Negeri 1 Karang, yang terdiri serta 2 kelas. Sampel yang sejumlah 35 siswa diambil serta kelas X Rakayasa Perangkat Lunak I SMK Negeri 1 Karang.

Penelitian ini ialah penelitian deskriptif korelatif sehingganya data dianalisis agar bisa mengetahui hubungan diantara kebiasaan belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika dari siswa.

Instrumen dalam pengambilan data memakai dokumentasi, angket, serta pengamatan langsung lalu kemudian dianalisis memakai korelasi linier yang sederhana.

Hasil penelitian yang diperoleh ialah nilai karakter yang bisa membangun kebiasaan belajar matematika siswa yakni Jujur, Disiplin, Kerja keras, Bertanggung jawab, Percaya diri, serta Mandiri.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kebiasaan Belajar Siswa, dan Matematika.

KARAKTERISTIK PENDERITA PENYAKIT KULIT INFEKSI KEPADA PENDUDUK PADA
KECAMATAN TANJUNG SENENG, KABUPATEN KARANGANYAR, ACEH

Ayu Dewi A, Dina Sintiya Y Pt, Siska Wiguna M. Yudha Erlangga
Bagian/SMF Ilmu Kesehatan Kulit serta Kelamin
Fakultas Kedokteran Universitas Aceh, RS Abdul Muluk
Email : avusutriniavahoo.com

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU