Rabu, April 21, 2021

Tips Belajar di Rumah Dengan Efektif di Masa Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id– Setelah penerapan pembelajaran daring oleh Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud), selama 6 bulan ini Mahasiswa dan Siswa melakukan pembelajaran secara online atau daring.

Selama kurung waktu tersebut tidak sedikit Mahasiswa dan Siswa yang mengeluh oleh perubahan sistem belajar di masa pandemi covid-19 sehingga membuat pembelajaran mereka kurang efektif. Banyak gangguan yang membuat proses belajar mereka tidak efisien.

Di masa pandemi covid-19 sekarang tips belajar dengan efektif sangat penting, berikut ini beberapa tips belajar di rumah :

  • Memodifikasi ruang belajar

Melansir dari laman resmi Washington University, penting untuk memisahkan ruang belajar dengan ruang rekreasi. Usahakan tempat belajar dengan kamar tidur terpisah. Hal ini bisa meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur. Hasilnya, belajar Anda bisa lebih efektif karena minim gangguan.

Memisah ruang belajar juga bisa memaksimalkan istirahat pelajar. Saat istirahat mereka tidak akan terbayang-bayang tumpukan buku dan tugas di meja belajar.

  • Jaga manajemen waktu


Mengatur waktu belajar sangat penting, atur waktu belajar dengan teratur dan kerjakan tugas dengan fokus yang diberikan guru atau dosen. Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas sekolah atau kuliah di hari terakhir dari waktu pengumpulan tugas yang ditetapkan.

Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas lebih awal adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan remore learning.

  • Tetap bersosialisasi

Otak juga butuh refershing agar belajar bisa lebih efektif. Selama pandemi memang aktivitas di luar dibatasi agar meminimalisir penularan Covid-19. Namun demikian, komunikasi tetap harus terjaga. Sempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman Anda.

Bersumber dari laman Washington University, cara ini bisa menjaga Anda untuk tetap fokus saat belajar. Bersosialisasi secara tidak langsung bisa menumbuhkan motivasi yang positif. Anda bisa melakukannya melalui chatting atau video call. Jika terpaksa bertemu secara tatap muka, jangan lupa terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI