ADV A1
ADV B1

5 Tips yang Akan Membantu Kamu Tidur Nyenyak, Yuk Simak!

FAJAR Pendidikan

Banyak sekali hal yang sebenarnya bisa Anda coba untuk tidur lebih nyenyak, kalau begitu yuk simak beberapa tips dibawah ini!

1. Tunggu 30 Menit

Jika Anda sudah berdiam ditempat tidur terlalu lama untuk mecoba tidur namun tetap tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, mungkin Anda butuh untuk sedikit memberikan waktu untuk diri Anda agar lebih santai.

-ADV C2 -

Seorang direktur dari Program Pengobatan Tidur Perilaku di Universitas dari Pensylvania bernama Michael Perlis, Ph.D., mengatakan cobalah untuk bangun dari tempat tidur Anda dan pindah ke ruangan atau tempat yang lain untuk melakukan beberapa kegiatan santai seperti melakukan yoga, menulis jurnal, atau membaca. Sehingga setelah Anda kembali ke tempat tidur, Anda akan menemui sisi dingin dari bantal Anda yang akan terasa nyaman.

2. Buat Ruangan Menjadi Sejuk, Nyaman, dan Gelap

-ADV C3 -

Sudah banyak sekali penelitian yang membahas dan menemukan bahwa suhu yang sejuk adalah suhu yang optimal untuk tidur, maka cobalah untuk membuat ruangan anda menjadi lebih sejuk agar bisa membuat anda merasa nyaman dan membantu anda untuk merasa mengantuk.

Tidak hanya suhu, gelapnya ruangan Anda juga bisa mempengaruhi tidur Anda. dengan ruangan yang gelap maka anda akan merasa lebih tenang dan lebih nyaman tanpa terganggu dengan terangnya lampu yang ada. Namun jika Anda adalah seseorang yang tidak begitu menyukai ruangan yang begitu gelap, Anda bisa mengoptimalkan pencahayaan anda dengan menggunakan lampu tidur yang bisa diatur tingkat kecerahannya.

BACA JUGA :   5 Cara Melacak Nomor Hp Orang yang Tidak Dikenal Tanpa Ketahuan

3. Letakkan dan Tinggalkan Ponsel Anda Sejauh Mungkin

-ADV C4 -

Memainkan ponsel sebelum tidur sepertinya bukanlah suatu hal yang asing lagi sekarang, banyak orang yang memiliki kebiasaan memainkan ponselnya sebelum tidur yang berujung membuat dirinya lupa akan waktu dan tidur jadi larut malam, jika hal tersebut terus terjadi secara berulang maka tentunya bisa mempengaruhi kualitas dan waktu tidur yang dimiliki.

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut, hingga saat Anda sudah mencoba untuk tidur dan akhirnya tetap saja kembali mengambil ponsel Anda, mungkin dengan menaruh ponsel jauh dari jangkauan Anda akan sedikit membantu sehingga Anda akan lebih sulit untuk mengambil kembali ponsel setiap saat dan bisa lebih fokus untuk berusaha tidur dengan benar.

4. Lakukan Yoga yang Menenangkan 

Terus menerus membolak-balikan badan Anda saat sedang berusaha untuk tidur malah akan membuat Anda merasa cemas atau gelisah. Dengan melakukan Yoga yang menenangkan Anda bisa menenangkan diri dan mengatur ulang kembali pikiran Anda sehingga dapat bisa terlelap dengan baik.

Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa melakukan latihan peregangan atau resistensi sebelum tidur memberikan dampak peningkatan yang signifikan pada para pasien insomnia kronis. Anda tidak perlu melakukan Yoga dengan waktu yang lama atau dengan gerakan yang sulit, cukup lakukan Yoga dalam waktu kurang lebih 5 menit dengan gerakan peregangan yang santai dan mudah untuk Anda lakukan.

BACA JUGA :   Rekomendasi Nama Bayi Ala-ala Korea Beserta Artinya, Mudah Diucapkan

5. Cobalah Untuk Melatih Perhatian Anda Dengan Baik

Melatih perhatian dengan baik dapat membantu Anda fokus dalam merelaksasikan otot-otot tubuh juga sekaligus membantu mendorong pikiran menggangu yang bersarang pada kepala Anda ketika sedang tidak bisa tidur. Melatih perhatian hingga memperaktikannya telah terbukti memiliki manfaat dalam kesehatan seperti membantu mengelola stress, mengurangi kecemasan, dan bisa meningkatkan kemampuan untuk membuat diri Anda menjadi lebih rileks atau santai.

Anda bisa melatih hal tersebut setiap hari, namun dengan menghabiskan beberapa waktu sebelum tidur bisa membantu mengembalikan mood Anda ketika sedang dalam keadaan lelah namun tidak bisa tidur, dan berikut dibawah ini sedikit petunjuk untuk bantu pelatihan perhatian Anda:

  1. Fokuslah pada pernapasan Anda, apakah pernapasan Anda teratur, cepat, lambat, atau bahkan tidak beraturan.
  2. Lalu perhatikanlah jari tangan dan kaki Anda, apakah jari-jari Anda rileks atau tidak.

Demikian tips agar kalian tidur lebih mudah. Semoga bermanfaat!

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI