Tips Belajar Online Biar Kamu Tambah Pintar dan Nggak Mudah Stres

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Selama pandemi Covid-19 proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Metode pembelajaran jarak jauh ini pun punya tantangan tersendiri, baik bagi siswa maupun pengajar. Karena tidak bisa bertatap muka secara langsung, metode ini menuntut guru harus lebih memahami pemanfaatan teknologi saat memberikan materi pelajaran. Sebaliknya, peserta didik dituntut lebih disiplin saat mengikuti pelajaran.    

1. Mengatur waktu dengan baik

Meski tidak diawasi secara langsung, kamu harus mengatur waktu dengan baik sesuai jadwal sekolah. Buat mereka yang belum terbiasa belajar mandiri atau butuh pendampingan, seperti siswa PAUD, TK, dan SD bisa dibantu orang tua.

- Iklan -

Luangkan waktu untuk berisitirahat karena itu sangat penting. Sesekali kamu juga harus berolahraga atau melakukan peregangan agar saat kelas dimulai badan menjadi lebih segar. Selain itu, sebaiknya kamu mengerjakan tugas yang diberikan supaya tidak menumpuk dan malah bikin stres.

2. Siapkan kebutuhan belajar online

Sebelum kelas online dimulai, ada baiknya kamu mempersiapkan berbagai kebutuhan seperti komputer, laptop, tablet atau smartphone. Pastinya kamu harus punya koneksi internet yang stabil. Selain itu, untuk keperluan mencatat sebaiknya disiapkan alat tulis. 

- Iklan -
Baca Juga:  Kunci Sukses Mendidik Anak

Saat kegiatan belajar dimulai, kamu harus lebih konsentrasi. Sebaiknya singkirkan dahulu benda-benda atau aktivitas yang dapat mengganggu. Hal ini juga berlaku bagi para orang tua yang mendampingi si kecil saat belajar. Jauhkan mainan dari anak-anak.

3. Sebaiknya cari tempat belajar yang nyaman

Meski belajar di rumah, bukan berarti semua ruangan yang ada nyaman digunakan untuk belajar. Nah buat kamu para “kaum rebahan” sebaiknya hindari belajar di tempat tidur. Hal ini justru membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi dan badan terasa pegal-pegal.

- Iklan -

Karena itu, sebaiknya kamu siapkan tempat belajar yang nyaman. Gunakan meja dan kursi yang empuk serta penerangan bagus. Dengan begitu, semua materi dari guru dapat diserap dengan mudah. Manfaatkan waktu istirahat untuk makan atau berjalan-jalan mencari udara segar.

Baca Juga:  Begini Strategi Pendidikan Seks Kepada Anak

4. Kerjakan latihan soal dan pendalaman

Setiap guru menggunakan metode belajar online dengan caranya masing-masing. Ada yang mengirimkan dokumen, video atau audio pembelajaran. Ada juga yang melakukan meeting class melalui aplikasi konferensi. Nah jika kamu kesulitan, sebaiknya bertanya melalui room chat atau berdiskusi dengan teman-teman.

Meski belajar di rumah, bukan berarti kamu bisa terus-terusan bersantai. Gunakan waktu luang untuk mengerjakan soal latihan serta melakukan pendalaman tentang tugas kalian. Dengan begitu, saat deadline tiba semua sudah selesai.

5. Lakukan hidup sehat

Biar belajar online mudah diterima dan efektif hasilnya, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menjaga kesehatan. Jangan terlalu stres dan lakukan aktivitas seperti berolahraga minimal seminggu sekali. Dengan begitu tubuh tetap bugar dan pikiran lebih segar.

Selain itu, imbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Hal ini bisa membuat tubuh kamu tetap sehat dan bisa melanjutkan pembelajaran daring dengan penuh semangat.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU