- Advertisement -

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Cek Kategorinya

Untuk pria berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 10%]. Sementara untuk wanita, berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 15%].

Banyak perempuan yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Padahal ada beberapa cara yang mungkin akan membuat Anda malah tidak sehat.

Lalu bagaimana caranya untuk tahu bahwa kita sudah mencapai berat yang ideal? Meskipun tentunya sehat dan ideal bisa terlihat berbeda pada setiap orang, terutama seiring bertambahnya usia.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Berat badan ideal adalah berat badan yang bisa dapat mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga menjaga berat badan ideal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit,” ujar Head of Medical KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur.

dr. Muliaman menjelaskan, untuk menghitung berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Sangat mudah untuk menggunakan rumus ini, yakni untuk pria berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]. Sementara untuk wanita, berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%].

“Contoh, jika Anda wanita memiliki tinggi badan sebesar 158 cm, maka berat badan Anda yang ideal adalah sebesar 58-8,7 = 49,3kg,” jelasnya.

BACA JUGA:  Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Lalu untuk melihat range berat badan yang masih dikatakan normal, kurang atau berlebih, Anda bisa melihatnya dari Body Indeks Massa tubuh atau BMI. Caranya dengan membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilo gram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

“Misalnya, Anda ingin mencari tahu apakah Anda normal atau obesitas. Anda memiliki berat badan 80 kg dan tinggi 1,75 m (175 centimeter). Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,75 x 1,75 = 3,06. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 80/3,06 = 26,1,” bebernya.

Setelah itu, bandingkan angka BMI Anda dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini:

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
18,5 – 22,9 = Berat badan normal
23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
30 ke atas = obesitas

Menurut dr. Muliaman, jika Anda memiliki berat badan yang kurang tentunya akan berisiko malnutrisi dan mudah terkena infeksi. Begitu pula jika berat badan Anda berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, dan kanker tertentu. Risiko penyakit kardiovaskular juga bisa dilihat dari lingkar perut.

BACA JUGA:  Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

“Ukuran lingkar perut bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan kita di mana lingkar perut normal untuk orang Asia adalah maksimal 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Tentunya berat badan ideal dan lingkar perut normal ini tidak berlaku pada wanita hamil, anak-anak di bawah 18 tahun dan atlet/orang yang berotot terutama body builders,” jelas dr. Muliaman.

Jika Anda sudah mengetahui berat ideal dan belum mencapainya, segeralah ubah pola hidup. Batasi kalori kurang lebih 1200-1300 kkal per hari dan biasanya lemak dan karbohidratnya yang harus berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi Slim & Fit untuk menjadi alternatif dalam mengatur masuknya kalori pengganti sarapan dan makan malam dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang untuk diet.

Tidak hanya itu, Slim & Fit juga memiliki bentuk Cookies yang hanya mengandung 90 kalori serta terbuat dari oat, multigrain, dan serat, sehingga bisa digunakan sebagai camilan untuk orang yang sedang diet. Kemasan sachet yang praktis juga mudah dibawa ke mana-mana.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: