Tips Merawat Kabel Charger iPhone Agar Lebih Awet

Persoalan kabel charger (pengisi daya) iPhone alias lightning cable yang berumur pendek, gampang rusak, atau tidak awet, tampaknya cukup banyak dialami pengguna iPhone.

Padahal, harga untuk membeli kabel charger iPhone baru yang asli juga tidak murah.
Di toko distributor resmi Apple, iBox misalnya, kabel charger iPhone dijual dengan harga Rp 399.000. Tentu akan menguras kantong apabila membeli kabel charger iPhone berulang kali.

Bentuk kerusakan kabel charger iPhone pada umumnya adalah karet pelapis mengelupas. Apabila karet yang mengelupas itu dibiarkan terlalu lama, maka kabel dan konektor bisa putus. Biasanya, kebanyakan orang ketika mendapati karet pelapis sudah mulai mengelupas, akan menutupinya dengan tape.

- Iklan -

Perlu diketahui, cara ini tidak bisa bertahan lama karena biasanya bagian yang mengelupas akan menjalar. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperlama masa pakai dari kabel charger iPhone.

Baca Juga:  Rawat Ginjal dengan Air Hangat

Berikut beberapa tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet:

1. Hindari mengisi daya sambil menjalankan aplikasi berat

Tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet yang pertama adalah menghindari mengisi daya atau “ngecas” sambil menjalankan aplikasi berat, seperti game atau editing. Sebab, aplikasi tersebut dapat menyerap daya baterai dalam jumlah yang cukup besar.

Mengisi daya sambil membuka aplikasi berat membuat suhu charger meningkat atau menjadi panas karena bekerja terlalu keras saat proses charging. Suhu panas itu dapat menyebabkan kabel charger yang berbahan dasar semacam karet ini, mengelupas.

- Iklan -

2. Gunakan pelindung kabel charger khusus

Kabel charger iPhone yang mudah mengelupas juga dapat dihindari dengan pemasangan palindung kabel khusus. Alat yang berbentuk spiral memanjang ini, dapat dengan mudah ditemukan di toko penjual aksesoris ponsel atau e-commerce.

Baca Juga:  Begini Cara Cegah dan Atasi Sariawan

3. Gulung kabel charger dengan benar

Pastikan bahwa Anda menggulung kabel charger dengan benar. Kabel charger tidak boleh terlipat-lipat secara sembarangan. Kabel juga tidak boleh digulung terlalu kencang dan rapat agar pelapis karet tidak tertekuk.

Anda dapat menggulung kabel charger dengan membentuk lingkaran. Selain itu, ketika Anda mengemas kabel charger dalam sebuah wadah (misal tas atau kantong) pastikan tidak terdapat benda tajam di sekitarnya. Benda tajam dapat dengan mudah membuat gorensan yang menyebabkan lapisan karet kabel charger mengelupas.

- Iklan -

Demikian tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet. Selamat mencoba!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU