Saturday, September 26, 2020

Tips Skincare yang Jarang Diketahui Orang

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kalau membicarakan tips skincare, pasti kita bisa menemukannya dengan mudah bertebaran di internet. Rasanya setiap orang selalu berusaha membagikan tips-tips terbaik yang mereka punya untuk khayalak.

Ada yang menyarankan kita untuk mengaplikasikan produk sambil memijat wajah. Ada pula yang mengajak kita untuk semakin rajin minum air putih.

Namun, meski begitu ada beberapa tips yang juga jarang dibahas oleh orang dan ingin saya bagikan dengan teman-teman. Berikut adalah keempat tips tersebut.

Tips skincare #1 Mencampur pelembap dengan serum

Sekarang ini, produk serum yang beredar di pasaran begitu bermacam-macam. Namun, entah bagaimana, produk dengan persentase bahan aktif yang tinggi seperti niacinamide 10% dan lain-lain telah menjadi sebuah tren.

Bahayanya, produk dengan bahan aktif yang cukup tinggi lebih berpotensi merusak kulit sehingga pemakaiannya harus sangat hati-hati. Karena itu, tips satu ini mungkin akan sangat berguna untuk kamu.

Bila ingin memperkenalkan serum baru ke dalam rutin kamu, cobalah mulai dengan mencampur serum ke dalam pelembapmu. Kamu hanya perlu menuangkan pelembap ke telapak tangan, lalu menuangkan beberapa tetes serum di atasnya, kemudian diratakan dengan kedua telapak tangan. Setelah itu baru diaplikasikan ke wajah.

Lakukan ini untuk beberapa malam sebelum akhirnya mulai menggunakan serum tanpa dicampur. Selama proses ini, kamu juga harus selalu memperhatikan apakah kulit kamu mengeluarkan reaksi yang tidak enak. Kalau iya, kemungkinan besar kamu tidak cocok dengan serum tersebut, dan sayang sekali, kamu tidak bisa menggunakannya.

Tips skincare #2 Memanaskan produk sebelum diaplikasikan

Yang saya maksud dengan memanaskan tentu bukan memakai wajan dan diletakan di atas kompor, oke? Memanaskan di sini maksudnya dengan cara menaruh produk di telapak tangan, lalu kedua telapak tangan digosok-gosok, baru diaplikasikan ke wajah. Kurang lebih caranya sama dengan cara pertama.

Produk apa saja yang bisa dipanaskan begitu? Jawabannya, semua produk topikal (khusus untuk permukaan kulit) bisa. Jadi toner, essence, serum, dan pelembapmu bisa dipanaskan semuanya.

Lalu, apa sih fungsinya? Usut punya usut, ternyata bila kita memanaskan produk kita terlebih dahulu, produk akan dapat menyerap lebih cepat dan lebih sempurna ke dalam kulit. Sehingga lebih efektif dibanding mengoleskan produk seperti biasa.

Tips skincare #3 Mengukur takaran sunscreen yang tepat

Tidak ada hal yang membuat saya lebih senang daripada mendengar teman bilang, “Dev, aku beli sunscreen ngikutin kamu.” Demi Dewa, saya telah menyelamatkan umat manusia dari jurang penuaan dini dan flek hitam.

Tapi yang terlambat saya sadari, memakai sunscreen dan menggunakan sunscreen dengan tepat adalah dua hal yang berbeda. Saya sering menemukan contohnya di IGTV banyak orang. Mereka ramai-ramai menggunakan sunscreen, namun masih sedikit keliru.

Saya tidak ingin jadi orang yang terlalu salty sih, tapi biar saya luruskan masalah ini sedikit.

Selain harus menggunakan sunscreen setiap hari, kita juga harus memikirkan apakah jumlah sunscreen yang kita gunakan cukup. Menurut para ahli, kita memerlukan dua miligram sunscreen untuk setiap inci kulit kita, jadi tidak boleh terlalu sedikit.

Kamu malas menghitung luas wajahmu dikali dua miligram sunscreen? Tidak apa. Sederhananya, kurang lebih kita membutuhkan sekitar satu sendok teh sunscreen untuk wajah dan lehermu. Sebagian orang juga menerapkan perhitungan dua setengah jari. Jadi untuk mengukur sunscreen-mu, kamu tinggal mencolekkan jari telunjuk, tengah, dan setengah jari manismu. Segitulah jumlah sunscreen yang kamu butuhkan.

Tips skincare #4 Mengganti pore strip dengan salicylic acid

Komedo atau blackheads bisa dibilang merupakan masalah seluruh umat dunia. Nah, cara mengatasinya pun bermacam-macam, salah satunya dengan menempelkan sebuah produk bernama pore strip ke bagian hidung (daerah yang biasa terdapat banyak komedo), didiamkan selama beberapa menit, lalu di-peel. Tapi tahukah kamu bahwa cara ini tidak efektif? Malah cenderung sia-sia dan bikin capek.

Pore strip bekerja dengan cara menarik benda-benda, baik debu, kotoran, termasuk komedo yang muncul di permukaan kulit. Memang begitu di-peel, komedo bisa hilang hampir seluruhnya dan kenampakan kulit jadi lebih baik. Tapi cara ini tidak efektif alias tidak mengatasi masalah secara menyeluruh.

Di bagian bawah komedo yang kamu tarik paksa, ada sejumlah minyak yang nantinya akan naik ke permukaan dan kembali menjadi komedo begitu teroksidasi oleh sinar matahari. Jadi prosesnya hanya mutar di situ-situ saja. Kamu cabut komedonya, lalu balik lagi, lalu cabut lagi, gitu terus.

Karena itu, sebagai tips, gantilah pore-strip kalian dengan produk toner atau serum atau sabun pencuci wajah yang mengandung salicylic acid atau asam salisilat. Asam salisilat akan bekerja langsung membasmi minyak-minyak yang bersembunyi di bawah komedo sekaligus membuang komedonya jauh-jauh.

Nah, itu dia tadi empat tips skincare yang saya harap berguna untuk kamu. Semoga tips ini bisa membuat wajahmu lebih kinclong dan sehat ya!

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Kampanye Germas di Era Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto dan Mahasiwa Magang Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat, melakukan kegiatan...

Terbaik di Indonesia Timur, Komitmen Pemda Barru dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - 'Paritrana' adalah bahasa sansekerta yang bermakna perlindungan, Tidak banyak daerah yang memiliki progresivitas dalam memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja...

Bupati Suardi Sebut Keistimewaan Profesi Bidan di Muscab IBI Cabang Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id -Musyawarah cabang ketujuh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Barru, digelar di Gedung Tower Kantor Bupati Barru dan dibuka oleh Bupati...

Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru MadrasahPeluncuran Garda Kagum KemenagKab. Barru - Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan...

DPK Sulsel Gelar Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Performance Pengelola Perpustakaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh Hasan Sijaya, S.H., M.H membuka acara Bimbingan Teknis Perpustakaan Angkatan...

REKOMENDASI