Saturday, October 24, 2020

Ulfiyah Ningsih Mahasiswi FST Raih Juara II Essay di Unimed

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Ulfiyah Ningsih Mahasiswi Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar berhasil meraih Juara II Essay di PGSD FAIR 2020 Universitas Negeri Medan, Rabu (16/09).

Mahasiswa semester tiga itu mengangkat judul: “FLATS (From Library to School): Program Pendidikan Lanjutan terhadap Anak Putus Sekolah dengan Konsep Home Terrace Library dan Home Terrace School”.

Ia menjelaskan FLATS adalah ide program yang menghubungkan sistem perpustakaan ramah anak dengan sistem sekolah guna menanggulangi masalah  anak putus sekolah.

“Anak yang putus sekolah terlebih dahulu diperkenalkan dengan dunia pendidikan melalui perpustakaan ramah anak. FLATS ini terbagi jadi dua program yaitu Home Terrace School ( HTL) dan Home Terrace Library),” katanya.

Lebih lanjut, Home Terrace Library adalah konsep perpustakaan ramah anak yang dibangun di perkampungan dengan sasaran utama anak putus sekolah. Home Terrace Library ini bertujuan untuk menciptakan kebutuhan anak akan perpustakaan. 

“Home Terrace School adalah konsep sekolah informal yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan meningkatkan keterampilan anak putus sekolah,” jelasnya.

Lokasi pelaksanaan program ini memanfaatkan teras rumah penduduk yang tidak digunakan diubah menjadi perpustakaan dan sekolah informal. Diharapkan dari program ini adalah setiap anak mendapatkan pendidikan dan memiliki keterampilan.

Terakhir, Ia menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak yang telah mendukung atas prestasi yang diperoleh.

“Saya hanya ingin menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya, khususnya dari HMJ Kimia, pihak dari Jurusan Kimia, dari Fakultas Sains dan Teknologi, hingga dari Universitas. Saya berharap kedepannya, saya bisa menghasilkan yang lebih lagi,” tutupnya.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Gandeng Dewan Pers, RSPP, dan Pertamina Berikan Tes Swab PCR Gratis 105 Insan Media

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Dengan menggandeng Dewan Pers, Pertamina memberikan pelayanan tes usap polymerase chain reaction (PCR) gratis kepada 105 insan media. Pelaksanaan tes...

Pramuka Saka Bahari Makassar Sambut Danlantamal VI Dengan Tiupan Pluit Khas TNI AL

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Anak – anak Pramuka Saka Bahari Makassar sambut kedatangan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI ) Laksamana...

Wujudkan Kedokteran yang Berkeadilan, PSPD FKIK UIN Alauddin Miliki Jalur Afirmasi Agama dan Ekonomi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan  (PSPD FKIK) UIN Alauddin Makassar telah resmi menerima mahasiswa baru sejak...

OPINI : The Real Impostor Negara Dan Suara Masyarakat

FAJARPEBDIDIKAN.co.id - Awal mulanya Omnibus Law menyuarakan tentang kenaikan gaji,pengurangan jam kerja dan semakin banyaknya lapangan kerja. Padahal realitanya Omnibus law menjadi...

Vidcon Antisipasi Covid-19, Libur akhir Oktober

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir Oktober 2020, sebagaimana ditetapkan dalam Keppres no 17 tahun 2020...

REKOMENDASI