Unifa Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Mitra Terbaik Desa

MAKASSARUniversitas Fajar menerima penghargaan Perguruan Tinggi Mitra Desa Terbaik dari DPD Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulsel. Disaksikan Gubernur Sulsel penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum APDESI Sulsel, Sri Rahayu Usmi disela pelantikan pengurus DPD APDESI Sulsel periode 2022-2027 di Baruga Karaeng Pattingalloang rujab Gubernur Sulsel, Senin 22/8.

Ketua APDESI Sulsel, Sri Rahayu Usmi menyatakan penghargaan tersebut diberikan mengingat selama ini Unifa berperan aktif bersama APDESI dalam melakukan pendampingan desa baik itu melalui kegiatan mahasiswa melalui KKN maupun pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.

“Salah satu kegiatan yang aktif dilaksanakan Unifa bersama APDESI adalah sekolah Teknik Desa yang memberikan pelatihan sekaligus pendampingan dalam perencanaan infrastruktur desa selama paling tidak enam bulan setiap Angkatan”, terang Ayu.

- Iklan -
Baca Juga:  HMGF FMIPA Unhas Gelar Geofisika Peduli Sosial di Desa Lonjoboko

Lebih lanjut Ayu mengungkapkan melahirkan Kader Teknik Desa dari kalangan masyarakat dan aparat desa yang diharapkan mampu berperan aktif dalam pembangunan di desa.

Rektor Unifa Dr. Muliyadi Hamid, S.E., M.Si., usai menerima penghargaan menyampaikan bahwa sejak semula Unifa mengusung slogan ‘Unifa untuk Desa Berdaya’ melalui program KKN Entrepreneurship yang kini bertransformasi menjadi KKN Tematik (KKNT) Membangun Desa Mereka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Dari program tersebut kemudian lahir Sekolah Teknik Desa yang merupakan inisiasi dari para dosen Fakultas Teknik serta pendampingan Desa Wisata yang merupakan kolaborasi dosen dari semua fakultas”, jelas Muliyadi.

- Iklan -

Untuk sekolah Teknik Desa, Muliyadi menyebutkan bahwa para peserta diberikan pelatihan dan pendampingan selama enam bulan dengan pengembangan kompetensi keteknikan antara lain menggambar DED Rencana Konstruksi Bangunan Gedung, Jalan dan Bangunan Keairan, Menghitung RAB serta Penguasaan Metode Tahapan Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi.

Baca Juga:  HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Lebih lanjut Muliyadi menjelaskan, untuk Desa Wisata diberikan pendampingan terkait pengembangan infrastruktur, promosi pariwisata, pengembangan produk kreatif masyarakat seperti kuliner dan kriya, pengelolaan home stay serta pelayanan tamu.

“Untuk Sekolah Teknik Desa sementara ini dilaksanakan di Kabupaten Soppeng sedangkan untuk pendampingan desa wisata dilaksanakan di Desa Kabba, Kabupaten Pangkep yang tahun 2021 lalu berhasil meraih peringkat empat nasional dalam Anugerah Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata”, imbuh Muliyadi.

- Iklan -

Ditambahkannya lagi bahwa untuk semester ganjil 2022-2023, KKNT-MBKM Unifa akan menyasar beberapa desa di Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba. Diharapkannya agar Unifa dan APDESI dapat terus bersinergi dalam berbagai program pembangunan desa di Sulawesi Selatan.*

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU