Saturday, October 24, 2020

Uniknya Penerimaan RTS SD Islam Athirah 2 Makassar: Siswa Terima Rapor, Orang Tua Terima Penghargaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar penerimaan Rapor Tengah Semester (RTS), Jumat 16/10/2020). Sejumlah 473 siswa dari kelas I – VI akan menerima hasil belajar selama 3 bulan yang digelar secara virtual.

Seluruh unit di Sekolah Islam Athirah dari TK hingga SMA rutin melaksanakan penyerahan Raport Tengah Semester (RTS) per triwulan setiap semester. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai dasar untuk mengukur penguasaan kompetensi peserta didik di 3 bulan awal semester, serta tindak lanjut pembelajarannya.

Ada yang unik dalam pelaksanaan RTS tahun ini, karena biasanya siswa atau peserta didik diberikan penghargaan oleh sekolah karena prestasinya. Akan tetapi, yang mendapat penghargaan dan apresiasi dari sekolah kali ini adalah orang tua siswa yang telah menjadi guru terbaik dan senantiasa menemani siswa belajar dari rumah. Apresiasi seperti ini mungkin hal yang biasa tetapi ini cukup membuat beberapa orang tua terharu dan menjadi viral di lingkungan SD Islam Athirah 2 Makassar.

Melalui pesan singkat salah satu orang tua siswa mengungkapkan rasa harunya kepada guru. “Masya Allah… kaget dan rasa haru menerima penghargaan terbaik, rasa lelah seketika hilang dengan melihat piagam ini, bangga bisa mendampingi anak-anak di rumah sampai mendapat hasil ujian yang memuaskan,” kata orang tua siswa Citra Artha Sugita melalui pesan singkat.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Taswil Mardi, S.Pd. turut mengungkapkan rasa syukur atas terlaksana proses pembelajaran selama tiga bulan terkahir, meski proses pembelajaran tersebut digelar secara daring. “Alhamdulillah proses pembelajaran daring selama 3 bulan ini berjalan dengan baik, terima kasih para guru yang telah bekerja keras menyiapkan materi bahan ajar lebih variatif,” ucapnya.

Senada dengan Taswil, Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar H. Muhammad Aziz, S.Pd., M.Pd. mengatakan, penerimaan RTS kali ini berbeda dari biasanya. Pasalnya, selain memberikan RTS kepada siswa, orang tua siswa juga diberikan apresiasi berupa sertifikat atas partisipasinya mendampingi siswa dari rumah.

“Sangat perlu dan penting bagi kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada ayah dan bunda yang banyak membantu dalam proses belajar dari rumah (BDR),” ujar Aziz.

Citizen Reporter Ade Bagus Putra, S.Pd. (Guru SD Islam Athirah 2 Makassar)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Gandeng Dewan Pers, RSPP, dan Pertamina Berikan Tes Swab PCR Gratis 105 Insan Media

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Dengan menggandeng Dewan Pers, Pertamina memberikan pelayanan tes usap polymerase chain reaction (PCR) gratis kepada 105 insan media. Pelaksanaan tes...

Pramuka Saka Bahari Makassar Sambut Danlantamal VI Dengan Tiupan Pluit Khas TNI AL

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Anak – anak Pramuka Saka Bahari Makassar sambut kedatangan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI ) Laksamana...

Wujudkan Kedokteran yang Berkeadilan, PSPD FKIK UIN Alauddin Miliki Jalur Afirmasi Agama dan Ekonomi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan  (PSPD FKIK) UIN Alauddin Makassar telah resmi menerima mahasiswa baru sejak...

OPINI : The Real Impostor Negara Dan Suara Masyarakat

FAJARPEBDIDIKAN.co.id - Awal mulanya Omnibus Law menyuarakan tentang kenaikan gaji,pengurangan jam kerja dan semakin banyaknya lapangan kerja. Padahal realitanya Omnibus law menjadi...

Vidcon Antisipasi Covid-19, Libur akhir Oktober

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang akhir Oktober 2020, sebagaimana ditetapkan dalam Keppres no 17 tahun 2020...

REKOMENDASI