Sivitas akademika Fakultas Peternakan Unhas mengikuti simulasi penanganan K3.[Foto:/Ist.]

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin menggelar workshop dan simulasi penanganan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada hari Senin dan Selasa, 1-2 April 2019 di area kampus Fakultas Peternakan.

Simulasi difokuskan pada respon terhadap kondisi darurat jika terjadi kebakaran di dalam area kampus.  Kegiatan tersebut diikuti oleh sivitas akademika Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dan melibatkan unit ambulans dari Rumah Sakit Unhas dan Tim Pemadam Kebakaran Unhas.  Demikian diungkapkan Prof Rr Sri Rachma A B., M Sc., Ph D., kepada Fajar Pendidikan melalui pesan whatsApp.

Kegiatan workshop dan simulasi K3 dilakukan sehubungan dengan keikutsertaan Program Studi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dalam Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA) tahun 2019.

Sivitas akademika Fakultas Peternakan Unhas mengikuti simulasi penanganan K3.[Foto:/Ist.]
Sivitas akademika Fakultas Peternakan Unhas mengikuti simulasi penanganan K3.[Foto:/Ist.]
Dekan Fakultas Peternakan, Prof Dr Lellah Rahim, M Sc., mengatakan bahwa kegiatan simulasi penanggulangan bencana seperti kebakaran seharusnya menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh unit kerjanya.

Baca Juga :   Mahasiswa PBL FKM Unhas Gelar Penyuluhan Gizi Seimbang

“Dalam jangka pendek, simulasi ini ditujukan untuk memenuhi standar akreditas AUN-QA.  Namun dalam jangka panjang, kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab pimpinan fakultas untuk menjamin keselamatan dan keamanan di lingkup fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin,” terang Prof Lellah.

Kegiatan workshop tentang K3 dibawakan oleh tim K3 Universitas Hasanuddin yang dipimpin oleh Yahya Thamrin, SKM., M.Kes., MOHS., Ph.D.   Materi yang dibawakan antara lain safety concep dan safety culture in the university sector, emergency evacuation plan, komunikasi bencana, fire prevention, skill fire safety and APAR serta transportasi dan evakuasi.(*)