UNM Hadirkan Ali Masykur Musa di Kuliah Umum, Bahas Transportasi Hingga Tol Laut

FAJAR Pendidikan

Universitas Negeri Makassar (UNM) Menggelar Kuliah Umum dengan menghadirkan Komisaris Utama PT. Pelni (Persero) Dr. KH. Ali Masykur Musa, S.H., M.Si., M.Hum, CRGP., CLA, CAH., di Menara Pinisi UNM, Jumat (12/7/2022).

Kuliah umum dengan tema “Peningkatan Jangkauan Tol Laut Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Negara” merupakan rangkaian Dies Natalis UNM yang ke 61.

Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dalam sambutannya menyampaikan arahan Presiden Jokowi mengenai Perekonomian Nasional harus bangkit melalui Tol laut.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa perekonomian nasional harus bangkit kembali melalui Tol laut, meliputi pelabuhan dan sarana transportasi laut lainya,” ungkapnya.

Prof. Husain Syam menjelaskan perlunya mengoptimalkan tol laut dengan meningkatkan dengan jumlah komoditas lokal yang memadai dan daya jual tinggi untuk diperdagangkan keberbagai daerah di indonesia dan di mancanegara.

BACA JUGA :   Fakultas Vokasi Unhas Teken Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

“Optimalisasi tol laut dapat dilakukan dengan meningkatkan dengan jumlah komoditas lokal yang memadai dan daya jual tinggi untuk diperdagangkan keberbagai daerah di Indonesia dan di manca negara, upaya tersebut bisa di lakukan jika semua pihak dilibatkan,” jelas Guru Besar Bidang Pertanian itu.

Sementara itu, KH. Ali Masykur, memaparkan bahwa akan resisi global tidak kurang dari 70 negara akan resesi, namun indonesia akan terhindar dari rasis mana kalah negara memiliki fundamental ekonomi yang kuat.

“Satu hal yang bisa, bahwa negara tidak akan resesi manakala satu fundamental ekonomi yang kuat, yakni mana kala ekspor lebih besar dari pada impor, cadangan devisa kita baik, dan apa bila Gross Domestic Product (GDP) dan Gross National Product (GNP) memang besar dan melebih nilai rata-rata dari perelohan seorang warga negara,” jelasnya.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut Kegiatan Kelas Ibu Balita di Kelurahan SariRejo Kota Semarang

Ia menambahkan, PT. Pelni melalui Tol laut, memiliki peran penting dalam menjaga dan majukan stabilitas ekonomi dengan mendekatkan satu komunitas sebuah severity dari ujung sabang sampai merauke, dari pulau miangas.

“Tol laut untuk mendekatkan satu komunitas sebuah severity dari ujung Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampe palau Rote disamping melalui kegiatan ekonomi melalui tol laut dan itu diperankan oleh PT. Pelni,” jelasnya.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -