- Advertisement -

WR 3 Unpacti Makassar Sebut Layanan Dukcapil Makassar Belum Berjalan Efektif

Wakil Rektor III Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar, Dr Sumardi, menilai pelayanan administrasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar belum bejalan efektif, khususnya dari aspek pengaorganisasian dan penerapan.

Implementasi kebijakan pelayanan administrasi pada Dinas Cukcapil Kota Makassar berdasarkan aspek interpretasi telah berjalan dengan cukup baik, karena unsur pimpinan dalam membuat kebijakan terkait pelayanan administrasi, senantiasa mengkaji terlebih dahulu atas setiap kebijakan pada level di atasnya, sehingga kebijakan yang dibuat akan menjadi runut ke bawah (tersistematis dan terintegrasi).

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Namun pada aspek pengorganisasian, belum berjalan efektif, karena sistem pengaturan yang kurang efektif, kurang jelas, atas penempatan sumber daya aparatur pegawai yang dilakukan oleh pihak pimpinan. Pimpinan hanya menempatkan dua pegawai pada loket terpadu (bagian verifikasi kelengkapan persyaratan) untuk melayani seluruh masyarakat yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar,” tutur Sumardi.

Hal itu ia kemukakan dalam disertasinya yang ia bacakan pada saat ujian promosi doktor, di Aula Lantai Aula Prof. Syukur Abdullah, Lantai 3 Kampus Fisip Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa, 17 Mei 2022.

Pria kelahiran Lasusua, 01 Februari 1969, meraih gelar doktor dalam bidang administrasi publik setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul; “Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar”, di hadapan tim penguji yang dipimpin Prof Armin (Dekan Fisip Unhas).

BACA JUGA:  Press Release Perdana: Polres Bone Berhasil Ungkap Kasus Narkoba 2 Kg
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sumardi mengatakan, pada aspek penerapan, pelayanan Dukcapil Kota Makassar juga belum efektif, karena sistem pengaturan yang hanya menempatkan dua orang pegawai pada loket pemeriksaan berkas, sehingga mengakibatkan panjangya antrian pada loket tersebut.

“Faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pelayanan administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar berdasarkan aspek standar dan sasaran kebijakan belum efektif karena masih menggunakan visi dan misi yang sudah lewat masa berlakunya namun tetap menjadikannya acuan,” papar Sumardi.

Rekomendasi untuk Dukcapil Makassar

Ia kemudian merekomendasikan model implementasi kebijakan pelayanan administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar yang efektif untuk mencapai tujuan pelayanan administrasi, dengan melaksanakan tahapan-tahapan (a) penerapan pelayanan terpadu satu pintu yang optimal, (b) koordinasi yang efektif, serta (c) sosialisasi yang maksimal.

“Perlunya diterapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang Optimal, sehingga pelayanan administrasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar lebih efektif,” kata Sumardi.

BACA JUGA:  Siswa MIN 3 Bone Nyaris Diculik? Warga Ulaweng Resah
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ia juga mengatakan perlunya koordinasi yang efektif antar-organisasi pelaksana, agar SOP dan inovasi layanan dibuat sesuai dengan kebutuhan organisasi dan masyarakat sehingga kebijakan pelayanan administrasi berjalan secara optimal.

“Dan prlunya sosialisasi secara maksimal oleh implementor agar masyarakat mengetahui dan memahami SOP dan inovasi layanan sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk beradaptasi terhadap SOP dan inovasi layanan tersebut,” tutup Sumardi.

Dihadiri Rektor Unpacti

Tim penguji dalam ujian promosi doktor tersebut terdiri atas Prof Armin (Promotor, pimpinan siding), Dr Hj Hasniati (Ko-Promotor I), Dr Hj Nur Indrayati Nur Indar (Ko-Promotor II), Dr Badu Achmad (Penguji Internal I), Dr Nurdin Nara (Penguji Internal II), Dr Phil Sukri (Penguji Internal III), dan Prof Haedar Akib (Penguji Eksternal).

Ujian promosi doktor dihadiri Rektor Unpacti Dr Rusdin Nawi, Wakil Rektor I Dr Ampauleng, Wakil Rektor II Nur Afni Syahnyb SE MM, Dekan Fisip Unpacti Drs Qamal MSi, sejumlah dosen Unpacti, Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Arif Tiro, serta puluhan kerabat dan undangan lainnya.

Bagikan

BACA JUGA:

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu, KPU Bone Sasar Sekolah Menengah

KPU Kabupaten Bone terus mengintensifkan sosialisasi sekaligus pendidikan pemilih Pemilu serentak tahun 2024. Kali ini, melakukan pendidikan pemilih pada segmen pemilih pemula di SMA...

Ketua Tim PKK Pangkep: Saya Berharap Batik Khas Pangkep Dibuat Oleh Masyarakat Lokal

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan kepulauan, melaksanakan kursus singkat pelatihan kelompok usaha bersama (Kube), menjahit, membatik di kekurahan Bori Masungguh, kecamatan Labakkang, Kamis...

Guru kab.Barru Menyalurkan Bantuan Beras untuk Korban Gempa di Sulbar Sebanyak 5 Ton

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kepedulian warga Barru terhadap korban gempa bumi di Mamuju dan Majene (Sulbar) terus ditunjukkan. Bahkan guru di Barru sudah menyalurkan beras sebanyak 5...

Wakil Bupati Apresiasi Pengelolaan Baznas Barru

Barru, FAJARPENSIDIKAN.co.id - Wakil Bupati Barru, Nasruddin Abdul Muttalib menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirangkaikan dengan laporan Baznas Kabupaten Barru di Ralla,...

Angkat Citra Lewat Prestasi, Periode Suardi-Nasruddin Pimpin Barru Bersinar

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Angkat Citra Lewat Prestasi, Periode Suardi-Nasruddin Pimpin Barru Bersinar. Menandai akhir masa kerja pasangan Bupati dan Wakil Bupati Barru, Suardi Saleh-Nasruddin...

POPULER