10 Kebiasaan Buruk Menyebabkan Imunitas Menurun Jadi Mudah Sakit

Imunitas atau kekebalan adalah kemampuan organisme multisel untuk melawan mikroorganisme berbahaya atau pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Kekebalan melibatkan komponen spesifik dan nonspesifik.

Sistem kekebalan tubuh yang ada pada garda terdepan perlindungan adalah sel darah putih. Sel darah putih bekerja dengan memakan dan menghancurkan mikroorganisme berbahaya.

Maka dari itu untuk bisa mempertahankan sel darah putih dalam tubuh sebagai antibodi, penyebab sistem kekebalan tubuh menurun harus di hindari.

- Iklan -

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun ada banyak sekali. Tidak hanya di pengaruhi konsumsi obat, tetapi pola hidup tidak sehat juga berisiko menurunkan fungsi sistem imun.

Baca Juga:  Flek Hitam Rawan di Musim Panas

Mulai dari stres, Depresi, kurang nutrisi, dehidrasi, rokok, alkohol, duduk lama, dan masih banyak lagi.

Berikut ini deretan penyebab imunitas tubuh menurun

  1. Dehidrasi

    Kurang konsumsi cairan sampai menyebabkan dehidrasi kerap kali di sepelekan. Padahal dehidrasi termasuk penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Hampir 60 persen tubuh manusia terdiri dari air.Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan lembap, hingga untuk menghindari penyakit.Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bernapas merupakan hal yang normal. Dehidrasi terjadi ketika cairan yang hilang tidak tergantikan.

  2. Stres
    Stres merupakan kondisi yang lebih sering di alami oleh pekerja dan pelajar. Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun yang satu ini pun sering di sepelekan.Sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejala stres. Hampir semua orang mungkin pernah merasakan stres. Berbagai gejala yang di rasakan saat stres tersebut dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan.<

    Baca Juga:  Solusi Lain Atasi Penuaan Dini
    - Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU