ADV A1
ADV B1

Kenapa Kepiting Jalan Kesamping? Ini Alasannya

FAJAR Pendidikan

Kepiting adalah salah satu hewan yang unik. Apakah teman-teman tahu apa keunikannya? Yap, benar sekali! Cara jalannya yang miring atau menyamping. Kepiting Jalan Kesamping?

Lalu, kenapa sih ia berjalan miring?  Kepiting memang bisa tinggal di beberapa tempat, tapi habitat paling umumnya adalah di air. Meski habitat utamanya di air, kepiting bukanlah perenang unggul. Karena itu, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan dasar air untuk bertahan hidup.

-ADV C2 -

Salah satu caranya dengan berjalan ke samping agar bisa bergerak di berbagai permukaan. Jadi kepiting memiliki sepuluh kaki di setiap sisi tubuh. Sepasang kaki yang ada di bagian depan telah berevolusi menjadi penjepit atau capit untuk berburu dan bertahan melawan ancaman.

BACA JUGA :   4 Pelajaran Hidup yang Dapat Kamu Petik dari Belajar Matematika
-ADV C3 -

Evolusi kepiting juga membuat tubuh mereka melebar dan pendek dengan perut kecil. Hal-hal ini menyebabkan kaki kepiting memanjang di setiap sisi tubuh mereka.

Secara anatomi, kepiting juga memiliki kaki yang melekat pada bagian samping tubuh. Kemudian, sambungan kaki mereka menekuk ke arah luar sehingga membuat kepiting hanya bisa bergerak ke samping.

BACA JUGA :   5 Aplikasi Catatan Keuangan Gratis dan Praktis
-ADV C4 -

Cangkang yang besar juga ikut mempengaruhi. Meski kepiting jalannya ke samping, mereka masih memiliki kemampuan untuk memutar tubuh, lho. Kepiting Jalan Kesamping?

Nah, dengan cara berjalan unik ini, kepiting mampu bergerak di berbagai lingkungan. Mulai dari permukaan berbatu sampai dasar air. Kepiting juga bisa berjalan di berbagai permukaan, termasuk pasir, batu, dan bahkan beberapa spesies bisa memanjat pohon kelapa. (*)

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI