5 Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak Lengkap Penjelasannya

5 Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak Lengkap Penjelasannya, Nilai Mutlak Merupakan suatu bilangan yang riil tanpa tanda atau minus dalam linear dengan satu variabel tidaklah yang sulit sehingga memiliki konsep yang dinamakan nilai mutlak dengan sifat persamaan dalam penyelesaian satu variabel.

Dilansir dari laman Materibelajar.co.id, berikut ini 5 Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak Lengkap Penjelasannya. Simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Nilai Mutlak

Nilai Mutlak Merupakan suatu bilangan yang riil tanpa tanda atau minus dalam linear dengan satu variabel tidaklah yang sulit sehingga memiliki konsep yang dinamakan nilai mutlak dengan sifat persamaan dalam penyelesaian satu variabel.

Dalam nilai mutlak ini cukup di lakukan dengan cara yang serupa sehingga dapat bertindak seperti aljabar yang ekuivalen dengan satu variabel yang sama sebagai sifat untuk menentukan penyelesaian yang diberikan.

Sifat Nilai Mutlak

Dari penjelasan yang singkat di atas maka dalam mengambil nilai mutlak ini dari persamaan nilai ternyata sangatlah mudah dengan mengikuti beberapa variabel yang ada, dan aturan yang telah dibahas untuk menentukan nilai mutlaknya.

BACA JUGA :   Contoh Soal Matematika Kelas 9 SMP dan MTs Semester 1 dan 2 Lengkap
- Advertisement -

Shingga nilainya dapat berfungsi yang positif dan memiliki fungsi di dalam tanda yang sama lebih dari nilai nol yang riel dan dapat menjadi dan bernilai negatif.

Konsep Nilai Mutlak

Konsep yang terdapat dalam persamaan nilai ini yang terdapat dalam contoh adalah pada kehidupan sehari-hari dengan menggambarkan sebuah pemimpin barisan pramuka untuk memerintah yang maju, Maka dapat melewati jarak dengan pergerakan barisan pemerintah yang besar hingga pegerakan barisan diatas.

Persamaan Nilai Mutlak Satu Variabel

Sebuah garis bilangan akan digunakan sebagai alat media untuk menunjukan beberapa nilai mutlak dengan besaran nilai mutlak yang dilihat dari panjang tanda panah.

Sedangkan tanda panah tersebut dapat juga digunakan untuk menentukan besaran nilai mutlak dalam arah ke kiri yang menandakan nilai mutlak dari bilangan yang negatif,

Dan begitu sebaliknya juga arah ke kanan dapat menandakan nilai mutlak dari sebuah bilangan yang positif.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini :

Persamaan-Nilai-Mutlak

Tanda panah akan bergerak dari bilangan 0 dengan menuju ke arah kanan dan pada bilangan 3 maka besaran langkah yang di lewati sebagai tanda panah – 3 dari satuan bilangan 0.

BACA JUGA :   Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial, Pengertian, Dampak dan Contohnya

Tanda panah dapat bergerak dari bilangan 0 dengan menuju ke arah bilangann kiri -3 dengan besaran langkah yang di lewati tanda panah 3 dari satuan bilangan 0.

Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak

Dari penjelasan di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa contoh soal tentang apa materi dari pembahan ini dan semoga dari contoh ini dapat berguna.

Berikut contoh soal tentang Persamaan Nilai Mutlak adalah sebagai berikut :

Soal 1

Tentukanlah himpunan dari penyelesaian -3x +7 = 3

Jawab

Berdasarkan dari sifatnya maka:

  • 3x-7= 3-3x +7 = 3  atau  3x – 7 = -3
  • 3x-7= 3-3x = 10  atau  3x = 4
  • 3x-7= 3- = 5  atau  x = 3

Sehingga himpunan tersebut dapat di selesaikan adalah HP = {3-5}

Soal 2

Tentukanlah himpunan dari 3x +1= x-4

Jawab

Berdasarkan dari sifatnya maka

3x-1 = x + 4

  •  3x+1 = x + 4  atau  3x – 1 = (x + 4)
  • x =- 5  atau  4x =4
  •  x = -5  atau  x =1

Sehingga himpunan tersebut adalah HP = {1- 5}

Bagikan

BACA JUGA:

4 Contoh Paragraf Analogi Lengkap Ciri-Cirinya

4 Contoh Paragraf Analogi Lengkap Ciri-Cirinya, Pola paragraf ini adalah sebagai berikut khusus – khusus – umum. Di bagian awal paragraf ini menjelaskan 2...

13 Contoh Cyber Crime, Kejahatan Dunia Maya yang Merugikan

Cyber crime adalah kejahatan di dunia maya. Salah satu jenis kejahatan yang meningkat di tengah pandemi akibat perubahan gaya hidup masyarakat serba online. Modus cyber crime macam-macam. Mulai...

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6, Subtema 3 Pembelajaran 2, Halaman 113 115 117

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6, Subtema 3 Pembelajaran 2, Halaman 113 115 117 Kelas 6 SD/MI. Tema 7 yaitu Kepemimpinan, Subtema 3 Ayo,...

Lengkap, Komposisi Dasar Pengambilan Gambar (Camera Angle)

Dalam dunia fotografi tidak sedikit fotografer yang masih pemula, seolah terlena pada hal-hal yang bersifat teknis saja, seperti mengatur bukaan diafragma, pengaturan kecepatan, dan...

Mengenal Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Bahasa Indonesia

Paragraf menjadi bagian penting dalam sebuah tulisan. Tulisan atau artikel dibentuk dengan melalui paragraf-paragraf, sehingga gagasan yang hendak disampaikan penulis dapat dipahami pembaca. Di setiap...

POPULER