Jumat, Oktober 22, 2021

8 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan, Sepi, Cocok Untuk Liburan di Tengah Pandemi

spot_imgspot_img

Sebagai kota terbesar di Indonesia Timur, Makassar menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik. Tak hanya dari Fort Rotterdam atau Pantai Losari, ada banyak sekali destinasi menarik yang sudah menunggu untuk kamu kunjungi. Tak hanya kota Makassar, kawasan sekitarnya pun juga sangat indah jika kamu mau mengeksplorasi objek wisata di Makassar lebih jauh.

Kalau kamu penasaran apa saja tempat wisata terbaik di Makassar dan sekitarnya, simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Celebes Canyon

Lokasi: Libureng, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Celebes Canyon | Sumber gambar: Dinas Pariwisata Kabupaten Barru

Nama Celebes Canyon terinspirasi dari Grand Canyon di Amerika Serikat, karena kedua tebing bebatuan ini sekilas terlihat mirip. Destinasi wisata alam di Makassar yang satu ini bisa dicapai dengan 2 jam berkendara dari Kota Makassar.

Meski aksesnya tidak mudah, hal ini tidak membuat wisatawan mengurungkan niat untuk melihat langsung destinasi wisata di Makassar. Tempat wisata di Makassar yang dikenal penduduk sekitar dengan nama “Benteng Murung” ini punya pemandangan keindahan tebing cadas dengan jernihnya aliran Sungai Ule, akan membuat siapapun yang melihatnya merasa tenang.

2. Pantai Akkarena

Lokasi: Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Pantai Akkarena | Sumber gambar: NativeIndonesia

Nikmati keindahan pemandangan matahari terbenam di Pantai Akkarena berada di pesisir barat, sekitar 10 menit berkendara dari pusat Kota Makassar. Pantai yang terkenal dengan pasir hitamnya ini punya anjungan sebagai spot khusus untuk menikmati sunset dan ‘dermaga cinta’ yang sering dijadikan tempat berfoto.

Selain bisa menikmati sunset, di objek wisata Makassar ini juga tersedia penyewaan ban pelampung, sarana outbound seperti airsoftgun. Setelah beraktivitas seharian di pantai, nikmati makanan di kafe sekitar pantai yang menawarkan live music saat weekend. Makanan yang terkenal di sini adalah kudapan pisang epe dan sup singkong.

3. Leang-Leang

Lokasi: Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Leang-Leang Stone Garden

Tak hanya jalan-jalan, kamu juga bisa menambah ilmu kalau berkunjung ke Leang-Leang. Punya lansekap yang mengingatkan akan pulau terpencil di film Jurassic Park, Leang-Leang adalah taman prasejarah di Maros. Di destinasi wisata di Makassar ini kamu bisa melihat langsung peninggalan manusia purba yang menghuni gua tersebut pada tahun 5.000 SM. Selain artefak, ada lukisan dinding di Gua Pettae yaitu gambar babi rusa sedang loncat dengan anak panah di bagian dada dan gambar telapak tangan manusia purba.

4. Lappa Laona

Lokasi: Harapan, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Lappa Laona

Salah satu destinasi wisata di Makassar favorit ini berada di kawasan perbukitan Kabupaten Barru, sekitar 3 jam berkendara dari kota Makassar. Lappa Laona menawarkan pemandangan yang indah dengan rumah-rumah kecil berbentuk segitiga, pemandangannya seperti sedang di luar negeri. Selain kawasan berkemah, kawasan wisata di Makassar ini menyediakan fasilitas mountain bike park dan juga wahana flying fox. Kamu juga bisa menemukan banyak spot foto seperti di Uno Stones, tengah padang rumput, pinggir jurang, dan gazebo.

5. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Lokasi: Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan

Taman Nasional Bantimurung | Sumber gambar: NativeIndonesia

Taman nasional yang lebih dikenal dengan nama TN Babul ini berada di kawasan seluas 43 hektare dengan kekayaan alam dan faunanya. TN Babul menawarkan beberapa objek wisata, seperti Rammang-Rammang di mana terdapat Goa Mimpi, Goa Batu, dan hutan batu kapur, The Kingdom of Butterflies di mana kamu bisa melihat banyak spesies kupu-kupu termasuk yang langka, Air Terjun Bantimurung, dan Gunung Bulusaraung.

6. Pantai Apparalang

Lokasi: Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pantai Apparalang | Sumber gambar: Pantaipedia

 

Kalau berlibur di Makassar, coba sempatkan main ke Pantai Appalarang di daerah Bulukumba. Tempat wisata di Makassar ini bisa dicapai dengan 4 jam berkendara dari Kota Makassar. Meskipun cukup jauh, semua itu akan terbayarkan saat kamu melihat indahnya pantai di balik tebing. Kalau mau menikmati pemandangan laut biru dengan tenang, kamu bisa duduk di anjungan kayu yang menjorok ke arah laut. Kamu juga bisa main air maupun snorkeling di sini karena ombak di Pantai Appalarang tidak terlalu besar.

7. Helena Sky Bridge

Lokasi: Kalabbirang, Bantimurung, Maros Kabupaten, Sulawesi Selatan 90561

Helena Sky Bridge | Sumber gambar: Kompas

 

Buat kamu yang suka tantangan, jangan lewatkan kesempatan meniti Helena Sky Bridge yang ada di Maros. Jembatan gantung yang instagramable ini berada di ketinggian lebih dari 100 meter. Tidak perlu khawatir, jembatannya dilengkapi dengan jaring-jaring yang luas sehingga keamanannya terjamin. Sambil menyeberang jembatan, kamu juga bisa berfoto-foto. Kamu bisa memilih latar belakang selfie, antara dari pemandangan gunung karst atau panorama hijau nan asri.

8. Buttu Macca

Lokasi: Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

Buttu Macca berada sekitar 15 km dari pusat kota Enrekang. Nama Buttu Macca artinya ‘Bukit Pintar’. Lokasi wisata ini dikelola oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Kelompok Pencinta Alam (KPA) Laskar Bambapuang. Untuk bisa menikmati keindahan lanskap Enrekang, kamu perlu mendaki bukit terlebih dahulu.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI