5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Rayakan HUT ke-77 RI

Gunung Tertinggi di Indonesia
Gunung Tertinggi di Indonesia

Menjelang 17 Agustus, banyak warga Indonesia yang ingin merayakan kemenangan ini dengan mendaki gunung, sebagai simbol perjuangan. Berikut daftar gunung tertinggi di Indonesia yang dirangkum dari laman MAGMA Indoensia.

Dalam laman situsnya, Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia atau MAGMA Indonesia menuliskan ada 127 gunung berapi yang aktif di Indonesia.

Bahkan salah satunya masuk dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia, lho! Apa saja nama gunung-gunung tersebut? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunung Jaya Wijaya – Papua

Gunung ini sangat populer dikalangan pendaki, baik skala nasional maupun internasional. Terletak di Papua, gunung yang memiliki salju abadi ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Puncak Jaya Wijaya atau juga disebut Carstensz Pyramid dinobatkan sebagai salah satu World Seven Summits alias tujuh puncak gunung tertinggi di dunia.

2. Gunung Kerinci – Sumatera

Pengunjung berada di tempat wisata Bukit Tirai Embun dengan latar Gunung Kerinci, Jambi. [Dok.Antara]
Pengunjung berada di tempat wisata Bukit Tirai Embun dengan latar Gunung Kerinci, Jambi. [Dok.Antara]

 

Gunung Kerinci menempati urutan kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Jaya Wijaya dengan ketinggian 3.805 di atas permukaan laut.

Gunung api ini berada di Pulau Sumatera, tepatnya di Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat.

Ada deretan pegunungan yang sangat memukau di lokasi ini, tepatnya kabupaten Solok Selatan, yang disebut dengan Pegunungan Bukit Barisan. Dari namanya saja kita bisa membayangkan, betapa indahnya gunung ini.

3. Gunung Rinjani – Lombok

Pendakian ke Gunung Rinjani mulai ramai dipesan untuk perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022. [Istimewa/beritabali.com]
Pendakian ke Gunung Rinjani mulai ramai dipesan untuk perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022. [Istimewa/beritabali.com]

Gunung Rinjani sangat populer dikalangan wisatawan karena potensi wisatanya yang memukau. Dengan ketinggian 3.762 meter di atas permukaan laut, ini menduduki poisisi tertinggi ketiga di Indonesia.

Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani memiliki padang rumput nan luas dengan hutan tropis yang sangat memukau. Luas Taman Nasional Gunung Rinjani bahkan mencapai 41.330 ha, lho!

4. Gunung Semeru – Jawa

Dengan ketinggian mencapai 3.676, otomatis Gunung Semeru juga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini berdiri di antara Malang dan Lumajang, Jawa Tiimur.

5. Gunung Sanggar – Lombok

Sama-sama berlokasi di Lombok, tapi gunung ini tidak populer seperti Gunung Rinjani. Meski begitu, Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuatnya masuk dalam urutan kelima daftar di Indonesia.
VIDEO: 7 Gunung Tertinggi di Dunia