9 Tips Menjaga Persahabatan Agar Saling Menjaga dan Tetap Utuh Tanpa Rasa Cemburu

FAJAR Pendidikan

Sahabat memang bukanlah dalam lingkup keluarga inti yang selalu ditemani setiap waktu dan sepanjang waktu. Namun kadang kala sahabat bisa saja menggantikan posisi itu sebagai orang yang selalu hadir dan menjadi tempat terbaik kita untuk bercerita dan mengadu. Tips Menjaga Persahabatan.

Sahabat adalah orang yang tidak sedarah namun bisa terasa seperti saudara, bahkan kadang kita lebih terbuka kepada sahabat daripada kepada keluarga. Alangkah indahnya jika persahabatan yang kita miliki terjalin hingga tua nanti.

Tentunya menjaga keutuhan persahabatan bukanlah hal yang mudah, sering kali banyak ujian dan rintangan yang menghadang dan nyaris membuat persahabatan yang kita miliki hancur begitu saja. Tentunya kita tidak inginkan persahabatan yang sudah terjalin bertahun-tahun berakhir dengan kehancuran.

Berikut ini 9 Tips menjaga persahabatan yang bisa kita lakukan demi keutuhan persahabatan yang kita miliki. Simak berikut ini

1. Adanya keterbukaan

Keterbukaan diantara sahabat adalah hal yang sangat penting. Hal ini meminimalisir adanya kesalahpahaman yang menimbulkan konflik. Terbuka dalam hal ini adalah jujur, jika sahabat kita melakukan kesalahan, ya harus diingatkan dengan baik, lelah berpura-pura membelanya. Itu namanya sahabat fake. Sering terjadi persahabatan hancur hanya karena kesalahpahaman, hanya dengan saling terbuka, persahabatan akan tetap utuh.

BACA JUGA :   5 Panduan Islam Hadapi Usia 40

2. Saling percaya

Kalau dalam persahabatan tidak ada rasa saling percaya, maka isinya akan penuh dengan kecurigaan dan saling tuduh. Rasa kepercayaan perlu diterapkan dalam persahabatan. Karena pasti dalam persahabatan akan ada aib-aib yang terbuka dengan sendirinya. Jadi kita harus benar-benar mencari sahabat yang bisa dipercaya.

3. Menjaga amanah dan rahasia

Sahabat yang baik akan selalu menjaga amanah yang dititipkan dan menjaga rahasia satu sama lain. Nah, jika ingin persahabatan tetap utuh, maka tetap jaga aib dan rahasia sahabat kita dalam kondisi apapun, meskipun misalnya dalam kondisi kita sedang ribut, ya kita harus tetap menjaganya. Itu namanya integritas. Siapa sih yang mau aibnya disebarkan? Tentu tidak ada

BACA JUGA :   Cara-cara Mengukur Tingkat Intelegensia Anak

4. Tetap berkabar meskipun berjauhan

Banyak sekali persahabatan yang jadi renggang gara-gara jarak yang jauh. Untuk menghindari hal tersebut, baiknya kita terus berkomunikasi dengan sahabat kita meski berjauhan dan tetap berkabar meski tidak seintens saat kita berdekatan. Jangan jadikan jarak halangan untuk tetap menjaga persahabatan, karena sahabat sejati akan tetap setia dalam keadaan apapun. Jaga sahabat kita meskipun dari kejauhan, karena seiring beranjak dewasa, mencari yang benar-benar sahabat akan semakin sulit.

5. Selalu mendukung satu sama lain

Selalu berikan dukungan-dukungan kecil kepada sahabat dalam pencapaiannya. Semakin lama support system akan semakin sulit ditemui. Beruntungnya kita jika masih memiliki sahabat yang selalu mendukung kita, begitupun sebaliknya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI