Sunday, September 20, 2020

Anjing Sering Terlihat Menguap, Apakah Hal Ini Menandakan kalau Ia Mengantuk?

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Bagi teman-teman yang memelihara anjing di rumah, apakah pernah melihat anjing peliharaanmu membuka mulutnya lebar-lebar seperti sedang menguap?

Yap, bukan hanya manusia saja yang menguap ketika sedang mengantuk, tapi anjing juga bisa menguap dengan membuka mulutnya lebar-lebar.

Bahkan kalau dilihat, dapat dikatakan bahwa anjing menguap dengan cukup sering setiap harinya.

Apakah anjing yang menguap dilakukan di saat yang sama seperti manusia, yaitu ketika sedang mengantuk?

Peneliti Belum Menemukan Pasti Alasan Makhluk Hidup Menguap

Ketika mengantuk, biasanya kita akan membuka mulut lebar-lebar dan menguap.

Meski banyak penelitian yang menyebutkan bahwa manusia menguap untuk mengambil napas dan mengalirkan oksigen ke otak, sebenarnya peneliti belum sepenuhnya memahami mengapa manusia menguap saat sedang mengantuk.

Namun menurut peneliti, manusia dan hewan, misalnya anjing, mengatakan kalau dengan menguap maka akan membantu meregangkan rahang serta meningkatkan aliran darah di kepala, leher, dan wajah.

Nah, jumlah udara yang diambil selama menguap akan lebih banyak dibandingkan saat kita bernapas dengan normal.

Akibatnya, akan ada peningkatan tekanan yang menyebabkan aliran cairan tulang belakang dan darah mengalir dari otak ke bawah.

Hasilnya, menguap akan membantu mendinginkan otak dan seluruh tubuh. Tidak hanya itu, menguap juga menjadi cara untuk meregangkan otot-otot wajah, yang membantu agar tidak lagi mengantuk.

Mengapa Anjing Juga Menguap?

Mengutip dari situs Reader’s Digest, seorang dokter hewan bernama Katy Nelson mengatakan, kemungkinan anjing juga menguap dengan alasan yang sama seperti manusia, nih.

Capek, mengantuk, atau letih bisa menjadi beberapa alasan yang menyebabkan anjing terlihat sering menguap.

Dengan menguap, anjing akan meregangkan otot-otot wajahnya serta menjadi salah satu cara mereka agar tetap terjaga dan tidak tertidur.

Namun ada juga beberapa alasan lain mengapa anjing sering terlihat menguap selain karena sedang mengantuk, teman-teman.

Anjing bisa saja menguap saat merasa cemas, tidak aman, sinyal yang menenangkan bagi anjing lain, bahkan saat sedang bahagia.

Nah, sinyal yang menenangkan ini dianggap sebagai salah satu hal penting dari menguap yang dilakukan oleh anjing.


Alasannya, hal ini bisa menjadi salah satu cara bagi anjing untuk menyapa anjing lainnya dengan cara yang damai dan tenang.

Ini artinya, menguap bisa menjadi salah satu alat komunikasi yang dilakukan oleh anjing.

Perhatikan kalau Anjing Terlalu Sering Menguap

Teman-teman mungkin sering melihat anjing peliharaanmu di rumah menguap dan menganggap bahwa mereka sedang mengantuk.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau anjing terlalu sering menguap, nih, teman-teman.

Sebelumnya sudah dituliskan kalau anjing yang menguap bukan hanya menjadi tanda kalau mereka sedang mengantuk saja, namun salah satunya adalah karena merasa cemas.

Kalau kamu sering melihat anjing peliharaan terlalu sering menguap, sebenarnya tidak masalah karena ada berbagai alasan mengapa anjing menguap, namun perlu diperhatikan apakah ia sedang merasa cemas, bahkan stres.

Anjing yang terlalu sering menguap bisa saja sedang merasa cemas atau stres karena merasakan perubahan pada lingkungannya, maupun merasa cemas karena hal lain. (WLD/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Awali Kepengurusan, LD Al-‘Aafiyah FKM Unhas Gelar Daurah Pengurus

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Al-'Aafiyah FKM Unhas melaksanakan daurah pengurus pada hari sabtu, 19 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan melalui  zoom cloud...

Kapolres Barru Serukan Pilkada Damai 2020, Di Takkalasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru AKBP Welly Abdillah, menyerukan Pemilukada Damai, saat menggelar kegiatan Sosialisasi Pilkada Damai 2020 dan...

Danyonmarhanlan VI Hadiri Rakor Pemilu dan Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Pemkot Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letnan Kolonel Marinir Gigih Catur Pramono, S.H, M.T.r. Opsla menghadiri Rapat...

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

REKOMENDASI