Apakah Menangis Dapat Batalkan Puasa atau Tidak? Ini Kata Buya Yahya

Puasa adalah ibadah kepada Allah dengan menahan lapar dan haus serta semua yang membatalkan puasa dimulai dari fajar hingga matahari terbenam. Menangis bisa membatalkan puasa?

Di bulan suci Ramadan ini, setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Namun yang berpuasa tidak semua mengerti kenapa mereka wajib puasa di bulan Ramadan, dan bagaimana sejarahnya.

Sebagai Rukun Islam yang ketiga, puasa memiliki arti menahan diri. Namun secara istilah, puasa artinya beribadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari rasa lapar dan haus serta semua hal yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

- Iklan -
Baca Juga:  Hadits Satu Kurban untuk Satu Keluarga adalah Khusus Rasulullah

Saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H, tentunya agar puasa tetap terjaga, maka simak penjelasan Buya Yahya.

Nah, Sejumlah orang masih sering bertanya-tanya apakah menangis atau mengeluarkan air mata dapat membatalkan puasa?

Dalam video Kanal YouTube Al Bahjah TV dengan judul Apakah Menagis Membatalkan Puasa, Buya Yahya menjelaskan bahwa, Dalam fiqih praktis yang membatalkan puasa ada sembilan. Dari sembilan hal yang membatalkan puasa tidak ada menangis atau mengeluarkan air mata.

- Iklan -
Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Kamis, 16 Mei 2024: Mengenali Kekayaan yang Disediakan Allah

“Anda nangis seharian penuh tidak membatalkan puasa,” ujar Buya Yahya.

Namun kata Buya asalkan air matanya jangan di minum, jika menetes hingga di mulut lantas terasa asin lalu di minum, maka puasanya batal. Sehingga, kesimpulannya bahwa menangis tidak membatalkan puasa.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU