Ceramah Buya Yahya Tentang: Bolehkah Puasa Rajab Digabung dengan Puasa Bayar Hutang?

FAJAR Pendidikan

Bolehkan puasa Rajab digabung dengan puasa bayar hutang, menurut Buya Yahya dibolehkan bahkan dianjurkan untuk segera meng qadha bagi yang masih punya hutang puasa Ramadhan.

Buya Yahya pun menyebut puasa Rajab digabung dengan puasa qadha untuk membayar hutang puasa wajib akan mendapat pahala berlipat bila dilaksanakan di bulan Rajab.

Menurut Buya Yahya hal tersebut mengingat bulan Rajab adalah bulan yang diistimewakan. Ada empat bulan yang diistimewakan salah satunya bulan Rajab, jadi bila anda mau berpuasa Rajab digabung dengan puasa bayar hutang puasa wajib silahkan.

Beliau pun menjelaskan mengenai bolehkah puasa Rajab digabung dengan puasa bayar hutang. Dalam kanal youtube Al-Bahjah TV berjudul AMALAN PUASA SUNNAH DI BULAN RAJAB – HIKMAH BUYA YAHYA, tayang 5 Maret 2019, salah satunya mengupas soal puasa qadla dan puasa sunnah Rajab.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat 23 September 2022, Agar Terhindar dari Azab

Bulan Rajab adalah salah satu bulan haram, dimulyakan Allah. Apakah ada amalan khusus di bulan Rajab? Menurut Buya Yahya yang jelas semua amalan bisa dilakukan dibulan Rajab
sholat, sholawat, puasa.

Menurut beliau, puasa yang dilarang sangat terbatas, yaitu puasa Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha dan hari tasyrik. Lalu puasa di akhir akhir bulan syaban. Selebihnya bisa dilakukan puasa sunnah termasuk di bulan Rajab.

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Jumat 23 September 2022: Sasaran Seorang Pengabar Injil

Buya Yahya menjelaskan, dalil puasa Rajab, Said bin Juber berkata, bahwa ia mendengar Saidina Abdul bin Abbas yang menyatakan bahwa Rosululloh berpuasa di bulan Rajab saking banyaknya puasa di bulan Rajab, Nabi tidak pernah bolong puasa di bulan Rajab.

Namun suatu ketika menemukan nabi tidak berpuasa di bulan Rajab, hampir tidak pernah berpuasa, sehingga disimpulkan puasa Rajab masuknya amalan sunnah.

“Sunnah melakukan, meninggalkannya bukan sunnah. Kalau tidak melakukan maka tidak dapat kesunnahan,” katanya.

Doa dan niat puasa rajab cukup di ucapkan dalam hari saja.

Sumber: Youtube Albahjah

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA