Begini Cara Cegah dan Atasi Sariawan

Berapa lama sariawan di bibir butuh untuk sembuh? Secara umum, sariawan di bibir, baik yang terletak di luar maupun di dalam, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 2–4 minggu, tergantung pada jenisnya. Namun, jika Anda mengalami rasa nyeri dan perih yang parah akibat luka, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Dokter biasanya akan merekomendasikan salep atau obat kumur untuk kasus sariawan yang ringan. Sedangkan untuk kasus yang lebih parah, dokter mungkin akan memberikan obat topikal yang mengandung steroid. Jenis obat ini dapat dioleskan langsung pada area luka untuk membantu penyembuhan.

Baca Juga:  Kapan Anak Mulai Harus Sikat Gigi

Cara Cegah Sariawan di Bibir

Sariawan di bibir dapat menyebabkan kesulitan dalam makan dan minum karena sensasi perih yang dirasakan. Untuk mencegah sariawan pada bibir, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

- Iklan -
  1. Memperbanyak asupan buah dan sayur.
  2. Menyikat gigi secara benar dan rutin.
  3. Rajin membersihkan mulut.
  4. Makan secara perlahan.
  5. Mengelola stres.
  6. Menghentikan kebiasaan menggigit bibir.
  7. Membatasi konsumsi makanan pedas dan asam.
Baca Juga:  Jangan Biasakan Anak Tidur dengan Botol Susu di Mulut

Kebutuhan Cairan

Tak perlu terburu-buru mengonsumsi obat atau antibiotik untuk mengatasi sariawan. Anda dapat mengatasinya dengan cara yang sederhana, seperti memastikan asupan cairan dan vitamin terpenuhi.

Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama saat mengalami sariawan. Konsumsilah air putih yang cukup serta larutan yang mengandung mineral alami.

Minuman dengan kandungan mineral alami seperti gypsum fibrosum dan calcitum dapat membantu mencegah dan mengobati sariawan, meredakan panas dalam, mengatasi sakit tenggorokan, serta memberikan kesegaran pada tubuh. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU