Begini Cara Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan

FAJAR Pendidikan

Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan. Weton adalah hitungan hari lahir seseorang yang biasanya digunakan untuk meramal nasib. Ini biasanya dihitung berdasarkan hari dan pasaran yang terdiri dari lima, yaitu kliwon, legi, pahing, pon, dan wage. Online

Masyarakat Jawa percaya bahwa seseorang yang lahir membawa potensi yang kemudian membawa energi yang berdampak kepada karakter masing-masing.

Untuk mengetahui weton kita, kamu harus menjumlahkan dengan aturan yang sudah ditetapkan. Perhitungan ini biasanya digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai patokan untuk menentukan suatu keputusan, masa tanam, panen, nasib hingga jodoh.

Bagi masyarakat Jawa, menghitung weton sendiri memberikan gambaran kecocokan kedua insan yang akan melangsungkan pernikahan.

BACA JUGA :   23 Nama Grup WhatsApp Kantor, Dijamin Makin Semangat

Menjalani pernikahan memang bukan sesuatu yang mudah, maka masyarakat Jawa percaya jika weton bisa menjadi gambaran bagaimana nasib serta karakter calon suami dan istri setelah menikah nanti, apakah cocok atau tidak.

Perhitungan weton ditetapkan dengan menggunakan kalender Jawa.

Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan

1. Ketentuan Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan

Sebelum membahas proses penghitungan weton Jawa, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu terkait apa yang dimaksud dengan weton. Secara garis besar, weton merupakan hari kelahiran manusia berdasarkan penanggalan weton Jawa.

BACA JUGA :   5 Tips Nabi Agar Pernikahan Bahagia, Salah Satunya Banyak Terseyum

Setiap weton terdiri dari terdiri dari nilai lahir seseorang yang dapat dihitung yang dalam budaya Jawa disebut sebagai neptu. Nah, neptu inilah yang kemudian dijadikan pedoman dalam menghitung hari pernikahan.

Neptu ini kemudian dibagi lagi berdasarkan hari biasa dan hari pasaran Jawa.

2. Neptu Berdasarkan Hari Biasa

Berikut merupakan tabel nilai-nilai neptu berdasarkan hari biasa:

HariNilai
Senin4
Selasa3
Rabu7
Kamis8
Jumat6
Sabtu9
Minggu5

3. Neptu Berdasarkan Hari Pasaran Jawa

Berikut merupakan tabel nilai-nilai neptu berdasarkan hari pasaran Jawa:

HariNilai
Wage4
Kliwon8
Legi5
Pahing9
Pon7

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI