Begini Cara IAIN Bone Tingkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan Sekolah

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Untuk meningkatkan Kompetensi pengelola perpustakaan khususnya di lingkungan pendidikan sekolah, Perpustakaan IAIN Bone melakukan Bimtek pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis IT sebagai salah satu wujud Tri Darma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarkat).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan bekerja sama pihak Perpustakaan Sekolah IT Rabbani Ibnu Qayyim Bone dengan Nara Sumber Kepala Perpustakaan IAIN Bone, Mardhaniah S.Ag., S.Hum., M.Si.

Bimtek dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 15 dan 18 Agustus 2020. Mengingat masa pandemi covid maka peserta kegiatan ini dibatasi hanya tujuh orang dengan mengikuti protokol kesehatan.

- Iklan -
Baca Juga:  GenBI Wilayah Sulawesi Selatan Periode 2024/2025 Sukses Laksanakan Rapat Kerja

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan dasar mengelola perpustakaan di sekolah dalam menyediakan sumber-sumber informasi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Kepala Perpustakaan IAIN Bone Mardhaniah mengatakan, output kegiatan ini, peserta diharapkan setelah mengikuti bimtek, dapat mengelola perpustakaan yang baik dengan mengacu pada Standar Nasional Perpustakaan 007:2011.

Karena sekolah, lanjutnya, sebagai acuan dalam meningkatkan akreditasi perpustakaan sekolah dan seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, maka perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi harus dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan bagi pengguna perpustakaan itu sendiri secara cepat, tepat, dan akurat.

- Iklan -

“Perpustakaan harus dikelola dengan baik dan mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan menggunakan aplikasi sehingga dapat memberikan pelayanan yang mudah, efektif, dan cepat, baik untuk penggunanya sehingga dapat meningkatkan performance perpustakaan sekolah sekaligus meningkatkan mutu kualitas sekolah sehingga berdampak pada peningkatan minat baca dan menjadikan budaya siswa gemar membaca,” jelasnya.

Baca Juga:  Gandeng Angkatan 2021, Prodi PBI UINAM Sukses Gelar Seminar Nasional Kedua

Lebih lanjut Dia mengatakan, kegiatan pengabdian akan dilanjutkan sesuai permintaan dari pihak perpustakaan sekolah yang ada di kabupaten Bone.

“Insya Allah kami akan siap berbagi ilmu dalam mengelola perpustakaan yang berbasis SNP Sekolah sebagai acuan dalam meningkatkan akreditasi perpustakaan sekolah,” pungkasnya.

- Iklan -

Reporter: Abustan

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU