Bina Desa Mahasiswa Tematik Covid-19 “Gerakan Public Health Peduli” FKM Unhas Bagikan Paket Logistik

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kegiatan Bina Desa Tematik diselenggarakan di Lobby Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas (FKM Unhas) dengan menerapkan physical distancing.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FKM Unhas Dr Aminudddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed., dan didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc PH., Ph D.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa para penerima bantuan logistik. Semua peserta yang hadir menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kegiatan bina desa adalah kegiatan tahunan yang biasanya dilakukan di desa, namun kegiatan bina desa kali ini spesifik pada permasalahan Covid-19.

Mencermati kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan, maka salah satu langkah kegiatan nyata FKM lakukan untuk mengurangi dampak Covid-19 dengan melakukan pembagian logistik dan pesan edukasi pada mahasiswa FKM yang terkena dampak Covid-19.

Untuk memutus mata rantai penularan covid-19, maka Universitas Hasanuddin sejak tanggal 16 Maret 2020 sudah memberlakukan work from home, dimana proses belajar mengajar dilakukan dengan metode daring.

BACA JUGA :   KKN-PPM Unhas Paparkan Program Kerja yang Solutif, Berbasis Kebutuhan Masyarakat

Hal ini tentu saja memberikan dampak pada kalangan sivitas akademika (mahasiswa, dosen dan pegawai).

Dampak yang dapat dirasakan oleh mahasiswa, misalnya penambahan pengeluaran untuk pulsa (paket internet), dan mahasiswa yang tinggal di asrama mahasiswa kesulitan untuk memperoleh makanan karena sebagian besar warung dekat kampus yang tertutup.

Oleh karena itu, FKM Unhas melalui program bina desa memberikan bantuan logistik dan edukasi kesehatan kepada mahasiswa yang ada di wilayah sekitar Unhas.

Ketua Panitia yang diwakili oleh Marini Amalia Mansur, S.Gz., M.P.H melaporkan bantuan logistik yang dibagikan berupa beras, telur, susu, minuman sirup, sabun mandi dan cuci tangan, masker, stiker dan leaflet edukasi pencegahan Covid-19.

Sekitar 50 paket logistic disalurkan kepada mahasiwa FKM dan masyarakat sekitar Unhas. Kegiatan bina desa ini bukan hanya berupa pembagian logistik tapi juga pemberian edukasi bagaimana pentingnya penggunaan masker dan cuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dr Aminudddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed., selaku Dekan FKM Unhas mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhas, Wakil Rektor III Unhas dan Wakil Dekan III FKM Unhas yang telah mendukung kegiatan ini.

BACA JUGA :   Pengumuman UMM UIN Alauddin Dilakukan Hari Ini, Ini Linknya

“Kegiatan pemberian logistik sudah pernah dilakukan sebelumnya dan Insya Allah akan ada lagi kegiatan semacam ini kedepannya,” terang Dekan.

Dekan FKM juga menyampaikan bahwa di tengah Pandemi Covid-19 ini harus saling membantu sesama terutama yang dekat, oleh karena itu, pada kegiatan ini mahasiswa FKM dan masyarakat sekitar yang menjadi sasaran kegiatan.

Pemberian sabun cuci tangan dan masker serta leaflet edukasi menjadi upaya FKM dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sekitar 30 mahasiswa FKM turut hadir dalam penyerahan bantuan logistik. Dalam proses pembagian logistik kepada mahasiswa diserahkan langsung oleh Dekan FKM Unhas dan Wakil Dekan III FKM Unhas dengan menerapkan physical distancing, semua menggunakan masker dan hand sanitizer saat menerima bantuan logistik.

Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., MSc.PH., Ph.D. mengatakan harapannya kegiatan ini dapat membantu mengurangi beban mahasiswa untuk bisa tetap fokus belajar meski di tengah pandemi. (FP)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI