BPJS Bone Bidik Siswa SMK, Jamin Biaya Kecelakaan Kerja Saat Magang

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Meningkatkan kepesertaan dari pekerja bukan penerima upah (BPU) atau sektor informal, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Watampone mulai membidik siswa SMK untuk ikut sebagai pesertanya.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Cabang Perintis (KCP) BPJS Ketenagakerjaan Watampone, A Syamsu Rijal saat ditemui FAJAR PENDIDIKAN di Kantornya di Jl MT Hariono Watampone.

“Ya kami mulai mengarah kesana (bidik siswa SMK jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan). Kami sudah koordinasi dengan Kepala UPT Pendidikan,”ungkap Syamsu Rijal, Senin (23/7).

BACA JUGA :   Cegah Pungli di Sekolah, Tim Saber Sat Binmas Polres Bone Lakukan Ini

Menurut Syamsu, siswa SMK yang potensial menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah para siswa magang. Meski berstatus magang, resiko terjadinya kecelakaan kerja tetap sama dengan mereka yang telah bekerja secara permanen.

“Mereka (Siswa SMK magang) mestinya punya perlindungan sosial (Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian), dengan jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” katanya

BACA JUGA :   Polres Bone Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Calon Tamtama Polri Tahun 2022

Lebih lanjut Ia mengatakan, perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan bagi siswa magang, menyangkut resiko kerja yang mungkin saja terjadi selama proses magang. Baik itu dalam perjalanan dari ke tempat magang mau pun sebaliknya. Atau mungkin saat menjalani magang.

Adapun terkait cara daftar siswa dan pembayaran preminya, dikatakannya masih akan menjadi pembahasan antara BPJS Ketenagakerjaan, pihak sekolah dan orang tua siswa.

Reporter: Abustan