Cara Pakai Skincare Agar Maksimal Menurut Para Ahli dan Peneliti

FAJAR Pendidikan

Cara Pakai Skincare Agar Maksimal Menurut Para Ahli dan Peneliti. Pemakaian skincare bukan lagi hal yang tabuh di kalangan wanita maupun laki-laki. Menjadikan kulit bersih dan cerah merupakan impian setiap orang. Oleh karena itu dalam pemakaian perlu diperhatikan dengan baik.

Perawatan kulit atau rutinitas skincare dapat membantu menjaga kulit dari berbagai masalah yang sering muncul. Misalnya saja jerawat, kusam, hingga timbulnya tanda-tanda penuaan yang seharusnya belum muncul di usia saat ini.

Kulit sendiri merupakan organ terluar tubuh yang akan melindungi organ dalam dari sengatan matahari serta masalah lainnya. Karena itu harus merawat kesehatan kulit dengan baik dan maksimal.

Dilansir dari laman haiBunda.com berikut ini cara pakai skincare agar hasil menjadi maksimal

Cara pakai skincare agar maksimal

1. Aturan satu menit

Di Korea Selatan, ada sebuah teknik pengaplikasian serum dan pelembap yang dinamakan aturan tiga detik. Artinya, setelah tiga detik usai pembersihan, kulit lebih lembap dan lebih mudah menerima bahan aktif yang terkandung dalam serum atau krim daripada kulit yang kering.

Meskipun kulit lembap memang lebih mudah menyerap produk daripada kulit kering, aturan tiga detik ini tidak terlalu disarankan oleh para ahli. Mereka justru menyarankan untuk mengaplikasikan produk setelah satu menit pembersihan.

BACA JUGA :   Tips Melamar Kerja via Email, Ikuti Ini Agar Dilirik HRD!

“Kulit lembab lebih permeabel daripada kulit kering. Jadi secara teknis Anda harus menyerap produk yang lebih baik jika diterapkan langsung setelah pembersihan. Anda tidak ingin kulit basah, tapi saran saya adalah menerapkan produk dalam satu menit setelah pembersihan atau mencuci kulit Anda,” kata seorang facialist, Debbie Thomas.

Sementara itu, Rabbia Aslam, Direktur Kreatif di HC MedSpa, menyarankan agar menggunakan kain wajah yang lembap untuk menghilangkan sisa pembersihan dan air dari wajah sebelum mengoleskan produk. Hal ini akan menyerap dan menahan cairan produk skincare lebih banyak.

“Mirip dengan spons, kulit kering akan menahan kelembapan, namun jika spons (atau dalam hal ini kulit Anda) lembap, ia akan menyerap dan menahan lebih banyak cairan,” katanya.

2. Lakukan pengelupasan kulit

Pengelupasan kulit atau eksfoliasi adalah hal yang penting dalam perawatan kulit. Eksfoliasi akan menghilangkan penghalang dan penumpukan sel kulit mati sehingga produk skincare bisa menembus ke dalam lapisan kulit,

Menurut Debbie, sebaiknya menggunakan produk sabun cuci muka yang mengandung glikolat, mandelat, atau salisilat. Hal ini karena bahan ini jauh lebih terkontrol dan lebih lembut daripada scrub biasa yang akan menggores kulit Bunda.

“Alasan saya lebih memilih jenis pengelupasan kulit ini karena lebih terkontrol dan lebih lembut daripada scrub biasa dengan butiran atau butiran yang dapat menggores kulit, artinya Anda dapat menggunakannya setiap hari,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Tips Meraih Akreditasi Unggul ala Prof Bambang Sudibyo Mantan Menteri Pendidikan

Sama seperti Debbie, David Jack, MBChB, juga merekomendasikan eksfoliasi yang berbasis asam. Meski begitu, pastikan konsentrasi asam rendah, ya.

“Konsentrasi asam yang rendah, seperti laktat, akan mengurangi pH kulit dan memungkinkan akses yang lebih baik ke lapisan kulit yang lebih dalam dengan produk aktif,” jelasnya.

“Manfaat tambahan dari sedikit menurunkan pH kulit membantu penetrasi bahan pH asam apa pun, seperti vitamin C (asam askorbat), asam hialuronat, dan vitamin A (retinol),” sambungnya kemudian.

3. Perhatikan waktu penggunaan skincare

Kulit akan beregenerasi sepanjang 24 jam. Namun, ada beberapa waktu yang harus diperhatikan dalam keseharian, terutama pada siang, sore, dan malam hari, nih.

“Pada siang hari di berbagai waktu, banyak dari kita merasa bahwa kulit kita bisa terasa sedikit kencang dan dehidrasi di sekitar jam 4 sore. Ini adalah waktu yang tepat untuk merehidrasi dan mengencangkan kulit dengan face mist,” papar Rabbia.

Sementara itu, saat malam hari tiba, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari kotoran yang sudah menempel sepanjang hari, ya. Sebaiknya gunakan juga retinol yang bisa mempengaruhi perubahan pada kulit di pagi harinya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI