- Advertisement -

Camat Minasatene Pangkep Hj Chuderiah Pertama Kali Terima Mahasiswa KKP dari Fisip Unismuh Makassar

Kepala Wilayah Kecamatan Minasatene Pangkep, Dra Hj Chuderiah pertama kalinya sejak jadi camat empat bulan lalu menerima secara resmi mahasiswa KKP dari Fisip Unismuh Makassar.

Prosesi penerimaan mahasiswa KKP Unismuh Makassar itu, Kamis 1 Desember 2022 pada kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), pelaksanaan KKP 2022 Fisip Unismuh Makassar Angkatan XXV Kabupaten Pangkep di Aula Pertemuan Kantor Kecamatan Minasatene Pangkep.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tim monev ini langsung dipimpin Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr Hj Ihyani Malik, SSos, MSi bersama rombongan pimpinan fakultas dan prodi.

Pada sambutan penerimaan Camat Minasatene, Dra Hj Chuderiah mengatakan, mahasiswa KKP Fisip Unismuh Makassar ini merupakan yang pertama di terima secara resmi sejak diberi amanah jadi Camat Minasetene pada empat bulan yang lalu.

Sarjana ilmu administrasi negara Fisip Unhas Makassar ini, berterima kasih kepada Dekan Fisip Unismuh, diantara 9 kecamatan yang jadi lokasi KKP di Pangkep, memilih Kecamatan Minasatene sebagai lokasi monev KKP. Kegiatan skala kabupaten Pangkep di tempatkan di Minasate, katanya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kehadiran mahasiswa KKP Fisip Unismuh Makassar di wilayah Minasatene, cukup membantu masyarakat dan aparat pemerintah di kantor camat, lurah dan desa.

Apalagi dari laporan mahasiswa tadi kegiatan edukasi dan penyuluhan cukup membawa manfaat, ungkap mahasiswa angkatan 1984 Fisip Unhas ini.

Kegiatan yang dilaksanakan para mahasiswa itu diharapkan juga bernilai ibadah bagi kita semua.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Semoga semua program kerja dari mahasiswa dapat terealisasi tepat waktu selama berada di lokasi.

BACA JUGA:  Rektor Unibos Kunjungi Rumbia Jeneponto, Monev KKN Angkatan 53

Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr Ihyani Malik mengucapkan terima kasih atas penerimaan Kepala Wilayah Kecamatan Minasatene atas kesediaan jadi lokasi pelaksanaan KKP Fisip Unismuh XXV.

Pada pelaksanaan program kerja KKP pada awal kehadiran di lokasi tentu akan tetap ada, tetapi setelah melakukan adaptasi dan penyesuaian dengan masyarakat dan aparat pemerintah kendala itu akan tetap ada jalan keluarnya.

“Apalagi saat di ruang kerja Bu Camat Minasatene tadi, mengakui kalau selama mahasiswa berada di lokasinya sangat membantu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan di kantor kecamatan dan kantor lurah dan desa,” ungkap Ihyani Malik.

“Malah dalam beberapa kali pelaksanaan KKP di beberapa lokasi di kabupaten lain, seringkali kalau sudah menjelang penarikan susah untuk pulang.

Bisa jadi juga akan ada mahasiswa yang susah di suruh pulang oleh bu Camat,” lanjutnya.

Dekan Ihyani juga mengingatkan kembali kepada para mahasiswa angkatan 2019 untuk tidak terlena setelah menjalani KKP agar tetap memperhatikan untuk tepat waktu selesai studi pada tahun 2023.

Para mahasiswa juga harus memperhatikan artikel ilmiah untuk pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan kordinasi dengan dosen pembimbing lapangan serta dosen pembimbing penulisan jurnal ilmiah dari fakultas, kata doktor administrasi publik PPs-UNM ini.

Kegiatan monev ini menampilkan laporan dari 9 kecamatan yang jadi lokasi KKP di Kaupaten Pangkep.

BACA JUGA:  Sabriani Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Masing-masing kordinator kecamatan dan kordinator kantor kecamatan lewat dnjuru bicara menampilkan progres kegiatan selama satu bulan berada di lokasi KKP.

Pada pemaparan itu dilaporkan kalau masing masing kelurahan dan desa dan kantor kecamatan sudah ada dua atau tiga program kerja yang sudah terealisasi termasuk edukasi, pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat dan aparat.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanaan sosialisasi bahaya gadget bagi murid SD, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, sosialisasi anti bullying, pendidikan politik, sosialisasi bahaya narkoba, lomba cerdas cermat dan masih banyak kegiatan

Selain itu ada juga kegiatan kegiatan partisipasi dengan keikutserataan mahasiswa pada kegiatan sosial warga dalam bentuk mengajar mengaji, mengajar di kelas, kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal masing masing.

Camat Minasatene kesempatan itu turut didampingi Sekretaris Kantor Camat Minasatene, Dewi Sartika, SH MM.

Turut hadir dalam rombongan Dekan Fisip Unismuh, Wakil Dekan I Fisip, Andi Luhur Prianto, SIP, MSi;

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Ahmad Harakan, SIP, MHi, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi sekaligus Ketua KKP Fisip 2022;

Syukri, SSos, MSi; Sekretaris Panitia, Irwan Alim SIP MA, serta para dosen dan tenaga kependidikan lainnya.

Hadir Dosen Pembimbing Lapangan yakni; Dr Jaelan Usman M.Si Kecamatan Marang dan Tondong Tallasa, Dr A Rosdianti Razak, MSi (Balocci).

Dr Muhammad Yahya MSi (Minasatene), Ahmad Taufuk SIP MAP (Labbakkang dan Bungoro). (*)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: