Cara Hapus Seluruh E-mail di Gmail Secara Permanen Tanpa Ribet

Bagi sebagian orang, membuka kotak masuk akun Gmail terkadang menjemukan. Betapa tidak? Banyak pesan memenuhi inbox (kotak masuk). Tidak semua pesan itu penting tentunya, bisa jadi tercampur dengan pesan spam, promosi, dan sebagainya.

Gmail jadi aplikasi e-mail paling papuler saat ini. Banjirnya pesan masuk mungkin saja terjadi, sebab tidak sedikit orang menggunakan satu akun e-mail utuk berbagai tujuan, mulai dari komunikasi pekerjaan, pendaftaran platform online, atau sekadar komunikasi.

Jika ingin melihat tampilan inbox rapi dan bersih, cara terjitu adalah dengan menghapus seluruh e-mail secara permanen. Tidak cuma membuat lebih lega secara tampilan, menghapus pesan amsuk di e-mail juga membuat ruang penyimpanan di di Google Drive. Mengapa?

Sebab, layanan Google, seperti Gmail dan Google Photos, terintegrasi dengan Google Drive yang hanya memiliki kapasitas gratis 15 GB.

- Iklan -

Cara hapus seluruh e-mail di Gmail

Sebelum menghapus e-mails ecara permanen, e-mail akan ditampung sementara di folder sampah. Setelah itu, pengguna baru bisa menghapusnya secara permanen.

Perlu diingat, apabila pesan dihapus secara permanen, pesan tidak akan bisa dipulihkan (restore). Sehingga yakinkan dulu apakah benar ingin menghapus e-mail secara keseluruhan atau tidak.

Baca Juga:  Framework React : Definisi, Manfaat, Keunggulan dan Cara Instalasi

Apabila sudah yakin, berikut ini cara mudah menghapus email di Google Mail yang KompasTekno rangkum dari How to Geek, Selasa (14/12/2021).

- Iklan -
  1. Login ke akun Gmail Anda dan klik Gmail
  2. Setelah masuk di Gmail, klik “All Mail/Semua E-mail” di sebelah menu kiri, jika Anda tidak menemukannya, gulir sedikit ke bawah lalu klik “More/Selengkapnya”
  3. Di bagian panel kanan atas Anda akan melihat seluruh e-mail Anda, yakni kotak masuk, kotak keluar, dan e-mail yang arsipkan. Untuk memilih seluruh e-mail, klik kotak kecil persegi “Select/Pilih”.
  4. Gmail akan mencentang seluruh email yang berada pada halaman tersebut, namun jika Anda ingin memilih seluruh email yang akan dihapus klik “Pilih (jumlah e-mail) Percakapan di Seluruh Email Seluruhnya”
  5. Setelah Anda memilih seluruh e-mail, klik “Delete/Hapus” yang dilambangkan dengan ikon sampah. Opsi itu ada di sisi atas halaman.
  6. Kemudian Anda akan menemukan notifikasi “Confirm Bulk Action / Konfirmasi Tindakan Massal” jika Anda yakin menghapus seluruhnya klik “OK”
  7. Selesai, Gmail akan menghapus seluruh kotak masuk Anda dan memindahkannya ke folder sampah.
Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Benda-Benda Langit: Komet, Asteroid, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Cara hapus seluruh e-mail di Gmail secara permanen

Seperti disebutkan sebelumnya, folder sampah menjadi tempat penampungan sementara. Untuk menghapus e-mail di Gmail secara permanen, bisa ikuti langkah berikut:

  1. Buka folder sampah dengan meng-klik ikon Trash/Sampah yang ada di sisi kanan, tepatnya berada di bawah folder “Spam”
  2. Di bagian panel atas kanan klik “Empty Trash Now/Kosongkan Sampah Sekarang”
  3. Muncul pemberitahuan “Konfirmasi Penghapusan Pesan”
  4. Kemudian klik OK, semua pesan Anda telah terhapus kecuali pesan spam
  5. Untuk menghapus berbagai pesan spam, Anda dapat menuju folder Spam
  6. Klik “Hapus semua pesan spam sekarang” di bagian atas folder spam
  7. Kini seluruh pesan spam telah terhapus.
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU